Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IIMS 2024 Tetap Hadirkan Pameran Kapal dan Perahu

Kompas.com - 20/01/2024, 18:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 tidak hanya diramaikan oleh industri roda dua dan roda empat. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Dyandra Promosindo selaku penyelenggara kembali menghadirkan pameran kapal dan perahu.

Pameran tersebut merupakan program yang diberi nama Indonesia Boating Gathering (IBG). Areanya sendiri berada di Hall B2 JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Baca juga: IIMS 2024 Sediakan Area yang Lebih Luas Khusus Motor Listrik

Area tersebut terlihat sangat mewah karena kapal dan perahu yang dipamerkan sebagian dipajang pada kolam buatan. Beberapa perahunya bahkan bisa digunakan oleh pengunjung.

 Indonesia Boating Gathering Indonesia Boating Gathering

Rudi MF, Project Manager IIMS 2024, mengatakan, pihaknya melihat beberapa pameran otomotif di luar Indonesia, khususnya wilayah Asia Tenggara. Banyak negara dengan kekayaan maritim di bawah Indonesia, tapi pameran kapal dan perahunya bisa berjalan luar biasa.

"Kalau dilihat, untuk yang mesin kapal kan pelakunya sama, dari otomotif juga. Jadi, ada kesamaan dan temanya dan trennya ke mobility, jadi tidak hanya darat tapi mobility," ujar Rudi, kepada wartawan, saat ditemui di Jakarta, belum lama ini.

Baca juga: VinFast Bakal Punya Area Test Drive Khusus di IIMS 2024

Indonesia Boating Gathering (IBG) yang digelar pada Indonesia International Motor Show (IIMS)Dok. IIMS Indonesia Boating Gathering (IBG) yang digelar pada Indonesia International Motor Show (IIMS)

"Kita bertemu dengan strategic patner kita, kita coba FGD dari pelaku industri ingin diwadahi dari kecil dan banyak pengunjung yang hadir dari luar negeri, dan pemerintah, ada banyak pihak yang dukung, dan kita adakan lagi dan diperbesar," kata Rudi.

Tahun lalu, IIMS 2023 berhasil mencatatkan nilai transaksi mencapai Rp 5,3 triliun. Dalam jumlah tersebut, kapan dan perahu termasuk yang memberikan kontribusi, meskipun tidak sebesar mobil dan motor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com