Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jorge Martin Gagal Juara Dunia, Posisi Enea Bastianini Masih Terancam?

Kompas.com - 27/11/2023, 15:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber GPone

VALENCIA, KOMPAS.com - General Director Ducati Corse, Luigi Dall'Igna, mengatakan pihaknya akan tetap mempertahankan Enea Bastianini di tim pabrikan Ducati Lenovo pada musim depan.

Pernyataan tersebut terucap usai Francesco Bagnaia memenangkan seri terakhir MotoGP Valencia dan mengukuhkan dirinya sebagai Juara Dunia MotoGP 2023.

Baca juga: Mulai Musim Hujan, Polisi Minta Pengendara Motor Jangan Asal Berteduh

"Enea pasti akan tetap bersama kami," kata Dall'Igna dilansir dari GPOne, Senin (27/11/2023).

Jorge Martin saat berlaga pada MotoGP Thailand 2023Dok. @89jorgemartin Jorge Martin saat berlaga pada MotoGP Thailand 2023

Meski demikian bos balap Ducati tersebut mengakui bahwa pihaknya sempat mempertimbangkan posisi Bastianini digantikan pebalap Pramac Racing Jorge Martin, yang tampil luar biasa dan menjari runner up MotoGP 2023.

"Sejujurnya, ada keraguan, kami melakukan beberapa pertimbangan karena mau tak mau kami melihat bagian akhir musim ini untuk Jorge, yang luar biasa dan tentunya pantas mendapat tempat di tim resmi," katanya.

Seperti diketahui, pada musim 2022 Jorge Martin dari kalah dari Enea Bastianini untuk masuk skuad tim Ducati Lenovo. Pada musim 2022, Bastianini tampil menawan dan bisa mengimbangi Francesco Bagnaia meski pakai motor spek di bawahnya.

Namun sayangnya debut pebalap yang pindah dari Gresini Racing tersebut pada musim 2023 sebagai pebalap pabrikan anti klimaks karena banyak cedera.

Baca juga: Daftar Kekurangan Mobil Penggerak Roda Belakang

Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Mandalika 2023Dok. Ducati Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Mandalika 2023

Bastianini mengalami kecelakaan di sprint race seri pertama GP Portugal dan cedera bahu, dia kemudian kembali cedera di GP Catalunya yaitu patah tulang pergelangan kaki kiri dan tangan yang membuatnya absen tiga seri.

Bastianini sendiri sudah menandatangani kontrak selama dua tahun sampai akhir 2024.

Namun di sisi lain Martin justru sangat menonjol di musim 2023, dan Ducati sempat dikabarkan ingin memperkuat tim pabrikan dengan mempertimbangkan Martin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com