Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Spesifikasi dan Ubahan Teknis Mazda CX-5 Facelift

Kompas.com - 09/03/2021, 17:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebagai SUV terlaris Mazda di Indonesia, CX-5 kembali hadir dengan tipe baru yang dinamakan GT. Varian ini mendapatkan sejumlah ubahan, baik itu di eksterior, interior, hingga dapur pacunya.

Ricky Thio, Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia, mengatakan, pihaknya menyuguhkan keunggulan efisien yang bakal menguntungkan konsumen CX-5.

“Selain itu, khusus varian GT, kami juga memberikan fitur baru yang akan menyuguhkan kesenangan berkendara lebih sporty,” ucap Ricky, dalam keterangan resmi (9/3/2021).

Baca juga: Perang Harga Bus AKAP Kelas Eksekutif Solo-Jakarta, Mulai Rp 200.000

Mazda CX-5 terbaru di GIIAS 2017Donny Apriliananda/Otomania Mazda CX-5 terbaru di GIIAS 2017

Khusus untuk New Mazda CX-5 varian GT juga mendapatkan beberapa penyegaran, antara lain penggunaan paddle shift di balik lingkar kemudi untuk meningkatkan kesenangan berkendara.

Selain itu, masih ada penggunaan smartphone integration seperti Wireless Apple Carplay dan Andoid Auto, serta layar information meter cluster (speedometer) lebih besar dari sebelumnya yang kini menjadi 7 inci.

Tak ketinggalan masih terdapat fitur unggulan Active Driving Display (head-up display) yang menyampaikan informasi kecepatan dan lainnya, Blind Spot Monitoring (BSM) dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA).

Baca juga: Bus Malam Kembali Sediakan Selimut, tapi Bantal Belum Ada

Ilustrasi Mazda CX-5 GTDok. EMI Ilustrasi Mazda CX-5 GT

Selain mode tersebut, seluruh New Mazda CX-5 juga mendapatkan layar sistem infotainment yang lebih besar, dari sebelumnya 7 inci menjadi 8 inci.

Layar infotainment ini menjadi pusat pengaturan MZD Connect termasuk sistem audio premium BOSE® dengan 10 buah speaker, lengkap dengan surround sound system Centerpoint 2® dan ambient noise compensation AudioPilot 2® yang sudah dapat terintegrasi dengan ponsel pintar.

Kenyamanan di dalam New Mazda CX-5 juga semakin meningkat dengan penggunaan material baru pada bagian plafon yang diklaim mampu meningkatkan kesenyapan kabin.

Tampilan lebih segar di dalam kabin disuguhkan oleh penggunaan aksen “metal woods” di beberapa bagian interior.

Baca juga: Pengaruh PPnBM 0 Persen, Honda HR-V Banyak Dicari

Mazda CX-5 kini punya fitur cylinder deactivation, yang memungkinkan mesin tetap bekerja dengan hanya mengaktifkan dua silinder dari mesin 4-silinder yang digunakan. Dok. EMI Mazda CX-5 kini punya fitur cylinder deactivation, yang memungkinkan mesin tetap bekerja dengan hanya mengaktifkan dua silinder dari mesin 4-silinder yang digunakan.

Namun ubahan paling menarik datang dari dapur pacu, yang saat ini menggunakan mesin bensin SKYACTIV-G 4-silinder 2.500 cc. Mesin ini menghasilkan tenaga maksimum 190 PS atau setara 188 tk dan torsi puncak 251 Nm.

Penyegaran pada mesin ini mampu meningkatkan tenaga 4 PS lebih tinggi dan juga torsi 6 Nm lebih tinggi dari mesin terdahulu. Di samping itu, terdapat juga mode cylinder deactivation.

Teknologi canggih ini memungkinkan mesin tetap bekerja dengan hanya mengaktifkan dua silinder dari mesin 4-silinder yang digunakan.

Mode ini bekerja secara otomatis melalui sensor sesuai beban kerja mesin sehingga mampu menyuguhkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

Baca juga: Komparasi Dimensi City Hatchback Lawan Yaris, Mazda2 dan Baleno

Mesin All-new Mazda CX-5.Ghulam/KompasOtomotif Mesin All-new Mazda CX-5.

Di bagian luar, ubahan paling jelas terlihat tampil dari penggunaan warna pelek silver mengkilat yang menjadikan tampilan luar lebih menarik.

New Mazda CX-5 ini juga mendapatkan model kunci terbaru dari Mazda yang disebut “7-G Models Key-fob”. Model anak kunci terbaru ini lebih slim dan nyaman digenggam, sekaligus tampil lebih premium.

Mazda CX-5 – GT juga hadir dengan warna baru nan elegan, yaitu Titanium Flash, dengan nuansa warna baru ini menjadikan Mazda CX-5 memiliki lebih banyak warna pilihan yang tersedia bagi pencinta SUV ini.

Bicara soal harga, New Mazda CX-5 varian GT dihargai Rp 555,8 juta on the road DKI Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com