Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bertualang di Indonesia Selama Dua Tahun, Hansen Merasa Sangat Beruntung

Kompas.com - 22/04/2024, 18:35 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkeliling Indonesia sambil naik motor memang jadi impian sebagian pencinta otomotif. Bisa naik motor yang disuka sambil menikmati jalanan dan budaya yang beragam di seluruh Indonesia.

Beruntung sekali pria dari Denmark, yakni Kristian Hansen dalam dua tahun terakhir bisa berkeliling Indonesia pakai motor. Sampai saat ini dia sudah menyinggahi 14 provinsi dan sekarang sedang berada di Pulau Buton, Sulawesi Tenggara.

"Saya paling dalam setahun 1-2 kali pulang ke Denmark untuk bertemu keluarga. Lalu kembali lagi ke Indonesia, jadi full time petualang," kata Kristian kepada Kompas.com, Senin (22/4/2024).

 Baca juga: Kisah Bule Touring Sendirian di Indonesia, Numpang Berteduh dan Dijamu Makan Warga

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kristian Hansen ???????????????? (@thekristianhansen)

 

Kristian sekarang punya target untuk bisa pergi ke Papua. Kemungkinan baru tiga tahun lagi dia bisa menjelajahi semua provinsi yang ada di Indonesia.

"Susah buat ingat mana yang paling berkesan, sangat banyak kenangan indah. Untuk dua tahun terakhir, hidup saya seti terus bertualang," kata Kristian.

Kristian bercerita, pengalamannya yang paling seru adalah bisa tinggal bersama di suku pedalaman. Misal seperti tinggal di Dayak Iban, Kalimantan Barat, atau Suku Mentawai di Sumatera Barat, dia tinggal satu sampai dua pekan di sana.

 Baca juga: Alasan Kenapa Anak di Bawah Usia 17 Tahun Dilarang Mengemudi

Perjalanan berkesan Kristian Hansen saat berada di Pulau Buton, Sulawesi TenggaraKRISTIAN HANSEN Perjalanan berkesan Kristian Hansen saat berada di Pulau Buton, Sulawesi Tenggara

"Saya punya tatto bunga terong dari Sungai Utik, Suku Dayak Iban di Kalimantan barat. Banyak kenangan yang sangat indah karena saya bisa merasakan hidup seperti orang sana, saya sangat suka itu," ucap Kristian.

Ketika mengunjungi satu daerah, Kristian bisa tinggal minmal satu pekan. Saat hari pertama, dia tak pernah syuting, tapi lebih senang bertemu orang untuk belajar. Mengingat budaya dan kebiasaan tiap daerah pasti berbeda.

"Saya tidak mau menyakiti orang. Makanya satu atau dua hari tidak akan cukup," kata Kristian.

 

Kristian bilang, sangat beruntung dua tahun ini keliling Indonesia. Dia cuma sekali alami kemalangan, di mana barang-barangnya dicuri saat di feri, waktu itu perjalanan dari Kalimantan Utara ke Makassar (Sulawesi Tenggara).

"Sekitar Rp 50 juta kerugian dalam bentuk barang. Tapi saya lihat lagi, dari 800 hari cuma sekali apes, saya rasa itu tidak apa-apa. Saya tidak pernah bertemu orang yang mengejek, apapun itu. Jadi ya saya sangat beruntung," kata Kristian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com