Bus Malam Kembali Sediakan Selimut, tapi Bantal Belum Ada

Kompas.com - 08/03/2021, 18:11 WIB
Bantal dan selimut bus akap bus-truck.idBantal dan selimut bus akap

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebagai penunjang kenyamanan saat naik bus, penumpang bus AKAP kelas Eksekutif biasanya diberi bantal dan selimut. Namun semenjak pandemi, dua fasilitas ini ditiadakan oleh PO bus.

Ditiadakannya bantal dan selimut karena berpotensi menjadi media penyebaran virus Covid-19.

Namun belum lama ini, PO bus mulai mengembalikan fasilitas selimut untuk penumpangnya, seperti yang dilakukan oleh PO Putera Mulya.

Ismuyoko, Staf Operasional PO Putera Mulya mengatakan, fasilitas selimut sudah mulai diberikan kepada penumpang khusus kelas Super Executive (SE) dan Executive saja.

Baca juga: Simak Harga Bekas Toyota Fortuner Wilayah Jawa Tengah

fasilitas buskompasiana fasilitas bus

“Untuk kelas VIP belum pakai selimut. Selimut yang diberikan ke penumpang juga di plastik segel dan dicuci dengan disinfektan,” ucap Ismu kepada Kompas.com, Senin (8/3/2021).

Sedangkan untuk fasilitas berupa bantal, Ismu mengatakan kalau sampai sekarang masih belum bisa diberikan kepada penumpang.

Hal ini dikarenakan bantal yang biasa diletakkan di kepala lebih berisiko terkena air liur.

Kemudian soal selimut yang sudah dicuci dengan disinfektan lalu dikemas dalam plastik, apakah aman dari virus jika digunakan oleh penumpang bus?

Baca juga: Sempat Populer seperti Honda Jazz, 8 Mobil Ini Akhirnya Disuntik Mati

 

Dokter Rumah Sakit Al Huda, Banyuwangi, Jawa Timur, Febrina Sugianto mengatakan, jika selimut dicuci dengan disinfektan dan disegel, seharusnya aman untuk digunakan, karena Covid-19 akan mati dengan klorin 5 persen dan alkohol 70 persen.

“Tapi balik lagi kalau misalnya setelah pencucian terus terkena droplet orang yang positif Covid-19, terus tanpa sengaja masuk ke dalamnya, tentu masih ada risiko tertular,” ucap Febrina kepada Kompas.com.

Jadi jika memang berniat untuk bepergian dengan bus, pertama pastikan sehat. Kemudian jangan lupa untuk tetap memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dan membawa hand sanitizer.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X