Jelang Peluncuran Rocky, Daihatsu Kenalkan Platform DNGA

Kompas.com - 09/03/2021, 15:51 WIB
SUV Baru Daihatsu yang digadang-gadang memiliki nama Rocky SUV Baru Daihatsu yang digadang-gadang memiliki nama Rocky

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang peluncurannya di Tanah Air, Daihatsu kembali mengulas beberapa keunggulan dari calon SUV barunya, yakni Rocky.

Seperti diketahui, datang sebagai produk modern, Rocky sudah dikembangkan menggunakan platform baru berbasis Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

DNGA sendiri mengusung konsep 1-1-1-1 dengan filosofi 1 gram, 1 milimeter, 1 sen, dan 1 detik. Hal tersebut mengartikan setiap pengembangan produk berbasis DNGA telah memperhitungkan segala aspek hingga kepada titik terdetailnya.

Mulai dengan ukuran atau dimensi, bobot, harga, dan waktu agar menghasilkan sebuah kendaraan yang efisien. Daihatsu mengklaim platform DNGA memberikan pengalaman dan sensasi berkendara yang berbeda.

Baca juga: Uji Tabrak Kembaran Daihatsu Rocky Dapat 5 Bintang

Daihatsu Rocky saat meluncur di Tokyo Motor Show 2019KOMPAS.com/STANLY RAVEL Daihatsu Rocky saat meluncur di Tokyo Motor Show 2019

Hal tersebut dikarena mesin yang lebih halus dengan performa maksimal, kenyamanan dalam berkendara, tingkat kestabilan kendaraan, efisiensi bahan bakar yang lebih baik dan lebih ramah lingkungan, desain stylish dan modern, serta memiliki harga yang terjangkau.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, Anjar Rosjadi, Head of Marketing Product Planning Division (MPPD) PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan platform DNGA dalam group Toyota dikembangkan untuk segmen kei car, serta segmen A, dan B dengan banyak keunggulan yang dimiliki.

"Secara teknis, mulai dari penerapan seluruh fitur teknologi canggih Daihatsu yang bisa diimplementasi pada semua model berbasis DNGA, sampai waktu yang lebih cepat dalam proses pengembangan atau perubahan di setiap modelnya," kata Anjar beberapa waktu lalu.

Test Drive Daihatsu Tanto di Fuji Speedway Test Drive Daihatsu Tanto di Fuji Speedway

Tak hanya itu, mobil Daihatsu yang telah menerapkan platform DNGA juga memiliki keunggulan, seperti penerapan seluruh fitur teknologi canggih dan terkini yang ada pada mobil Daihatsu dapat diimplementasikan ke semua model Daihatsu apapun yang telah berbasis DNGA.

Baca juga: Komparasi Mesin Suzuki Carry dan Daihatsu Gran Max

Selain itu, Daihatsu juga mengklaim platform DNGA memiliki waktu yang lebih cepat dalam proses pengembangan atau perubahan desain di setiap modelnya. Sejauh ini, sudah 3 produk yang menggunakan platform tersebut, yakni New Tanto, Rocky, dan yang terakhir adalah Taft.

TNGA

Pengembangan DNGA berbarengan dengan Toyota New Global Architecture. atau TNGA. Namun demikian, antara TNGA dan DNGA berbeda dari segi peruntukannya.

Daihatsu TaftTopgear Daihatsu Taft

Baca juga: Daihatsu Rocky Versi Malaysia Meluncur, Wajah Lebih Kalem

DNGA digunakan untuk segmen A dan B, termasuk kei car di Jepang yang secara kubikasi mesin berada di bawah 1.500 cc. Sementara TNGA, diperuntukan untuk segmen di atasnya, termasuk jajaran kendaraan elektrifikasi Toyota.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.