Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teknik Menaklukkan Jalan Tanjakan dengan Mobil FWD

Kompas.com - 03/07/2024, 10:42 WIB
Muh. Ilham Nurul Karim,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki mobil dengan sistem penggerak roda depan (FWD) seringkali menjadi pilihan banyak orang karena efisiensi bahan bakar dan handling yang lebih baik di jalanan perkotaan.

Namun, ketika dihadapkan pada medan yang menanjak, kendaraan FWD bisa mengalami kendala tertentu.

Tantangan ini terjadi karena adanya perubahan titik berat kendaraan saat menanjak yang mengakibatkan ban depan kehilangan traksi, menyebabkan ban berputar tanpa daya dorong efektif.

Baca juga: Gresini Racing Raih Poin Berharga di MotoGP Belanda 2024

"Mobil FWD ini pengeraknya di depan, saat di jalan menanjak ada perubahan titik berat kendaraan ke belakang sehingga ban depan kehilangan traksi dan ban mengalami selip," kata Sony Susmana, Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) kepada Kompas.com, Selasa (2/7/2024).

Toyota Avanza, salah satu mobil dengan teknologi FWD.Auto2000 Toyota Avanza, salah satu mobil dengan teknologi FWD.

Ia menjelaskan bahwa ketika sudut tanjakan cukup curam, berat kendaraan berpindah ke belakang, membuat ban depan kehilangan grip dan akhirnya sulit untuk mendaki.

Namun, dalam kondisi tanjakan yang tidak terlalu curam, mobil FWD bisa mendaki tanpa terlalu banyak masalah.

"Untuk bisa menanjak dengan mulus, sebaiknya amati dulu sudut tanjakan, kemudian tentukan entry point pada posisi jalan masih datar, setelah itu tekan pedal gas di gear terendah untuk mendapatkan momentum sesuai dengan kebutuhan," katanya.

Baca juga: Mobil Bekas di Bawah Rp 150 Juta, Ada Jazz, Fortuner hingga Orlando

Mengamati sudut tanjakan dan menentukan titik awal yang tepat adalah langkah penting untuk memastikan mobil dapat mendaki dengan baik.

Setelah itu, menekan pedal gas di gear terendah akan membantu mendapatkan momentum yang cukup untuk menaklukkan tanjakan dengan lebih mulus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com