Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sopir Diduga Mengantuk, Avanza Tabrak Truk di Tol Batang

Kompas.com - 05/07/2024, 08:42 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

BATANG, KOMPAS.com - Kecelakaan maut yang mengakibatkan tiga orang tewas terjadi di Kilometer 362 Tol Batang-Semarang, Jawa Tengah, Kamis (4/7/2024).

Berdasarkan, unggahan akun Instagram @portalsemarang, terlihat bodi mobil Avanza warna hitam tersebut rusak parah. Bahkan, hingga tidak berbentuk di bagian depan dan samping kiri.

Baca juga: Waspada, Ini yang Bisa Bikin CVT Elektronik Nmax Turbo Rusak

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by INFO SEMARANG (@portalsemarang)

 

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Kepolisian Resor (Polres) Batang AKP Wigiyadi mengatakan, kecelakaan ini melibatkan dua kendaraan, Toyota Avanza dan truk.

Awal mula kejadian, berawal dari Avanza yang melaju dari arah timur atau Semarang, dan sampai di lokasi kejadian menabrak belakang truk gandeng di depannya.

Akibatnya mobil ringsek, dan tiga penumpangnya meninggal dunia di tempat kejadian perkara (TKP)

“Berdasarkan keterangan saksi, diduga sopir mobil Avanza mengantuk. Saat ini, kami sedang melakukan keterangan para saksi,” katanya, dikutip dari Kompas.com, Jumat (5/7/2024).

Baca juga: Mulai Sering Hujan, Ini Jas Hujan yang Aman untuk Pengendara Motor

Seorang pria mengantuk saat sedang mengemudi di dalam mobil. Kondisi ini disebut dengan istilah carcolepsy.monstArrr_/Unsplash Seorang pria mengantuk saat sedang mengemudi di dalam mobil. Kondisi ini disebut dengan istilah carcolepsy.

Sementara itu, Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia mengatakan, keadaan mengantuk bisa membuat pengemudi setengah sadar.

“Artinya, mata tidak bisa membaca lalu lintas dengan benar dan otak sudah tidak dapat merespon situasi lingkungan,” kata Sony kepada Kompas.com, belum lama ini.

Menurut Sony, pengemudi yang ngatuk setengah dari pikirannya berada di bawah alam sadar, sehingga tidak bisa membaca situasi lalu lintas dengan benar.

Baca juga: Daftar Harga Motor Bebek Juli 2024, Revo dan Supra X 125 Naik

“Perilakunya loss, ketika mengemudi ya hanya lurus tanpa kontrol dan berhenti ketika menabrak objek di depan atau samping kiri kanannya,” kata Sony.

Sony juga mengatakan, mengantuk sebenarnya disadari oleh pengemudi, namun malas beristirahat. Padal cara paling benar menyiasati kantuk adalah dengan berhenti, tidur atau lakukan refresh merangsang otot, otak dan syaraf.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com