Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gresini Racing Raih Poin Berharga di MotoGP Belanda 2024

Kompas.com - 02/07/2024, 19:15 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gresini Racing berhasil mengumpulkan poin penting pada MotoGP Belanda 2024. Kedua pebalapnya finis di posisi sepuluh besar.

Marc Marquez sanggup finis di urutan keempat. Namun, hasil tersebut dibatalkan karena Marc kedapatan melanggar aturan tekanan ban.

Baca juga: Alex Marquez Resmi Bertahan di Gresini Racing, Menanti Rekan Baru

Sanksinya, Marc mendapatkan tambahan 16 detik. Sehingga, posisinya turun ke urutan kesepuluh. Meski demikian, Marc masih mendapatkan 6 poin untuk klasemen sementara MotoGP 2024.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Belanda 2024Dok. Gresini Racing Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Belanda 2024

Marc mengatakan, meskipun selisihnya sangat tipis, dia berada di luar parameter teknis terkait tekanan ban dan karena itu dia dan timnya menerima penalti tersebut. Tapi, dia juga menyayangkan harus meninggalkan Sirkuit Assen dengan poin yang sangat sedikit.

"Kami bisa saja meraih dua kali finis di posisi keempat, tetapi balapan dengan Enea Bastianini tentu saja berdampak. Tetapi kami tidak mencari alasan, saya bermain dengan baik dengan tekanan ban hingga saat itu. Mari kita selesaikan akhir pekan ini dan alihkan fokus kita ke Jerman," ujar Marc, dalam keterangan resminya.

Baca juga: Marquez Turun Posisi di GP Belanda, Melanggar Aturan Tekanan Ban

Sedangkan Alex, yang start dari barisan depan, kurang memaksimalkan performa kuat dari Ducati Desmosedici GP23. Dia pun harus puas finis posisi ketujuh setelah dipromosikan naik satu peringkat karena ada pergeseran posisi Marc.

Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Belanda 2024Dok. Gresini Racing Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Belanda 2024

"Balapan yang sulit, meskipun secara keseluruhan itu adalah akhir pekan yang positif. Kami kesulitan untuk membuat motor berbelok dengan ban depan kompon keras, tetapi kami akan kesulitan lebih banyak dengan opsi lunak," kata Alex.

“Kami harus bekerja keras di Jerman untuk memahami cara meningkatkannya. Data hari ini pasti akan berguna untuk balapan mendatang, kami memiliki ide yang jelas dan mari berharap kami dapat mewujudkannya di Sachsenring," ujarnya.

Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Belanda 2024Dok. Gresini Racing Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Belanda 2024

Rommy Averdy Saat, Market Development General Manager PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI), mengatakan, pihaknya juga senang Alex memperpanjang kontrak dan akan terus bersama Federal Oil dan Gresini Racing di musim berikutnya.

"Saat ini, persaingan masih terbuka lebar, Federal Oil konsisten terus mendukung kedua pembalap Gresini Racing sehingga mereka diharapkan akan terus makin nyaman meraih poin penting dan podium ganda hingga mampu menyandang titel Juara Dunia MotoGP 2024," ujar Rommy.

Saat ini, Marc berada di peringkat ketiga dengan perolehan 142 poin, hanya terpaut 58 poin dari pemegang puncak klasemen. Sementara Alex, berada di peringkat kesepuluh dengan perolehan 62 poin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com