Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Motor Rem Blong di Jalan Turunan dengan Teknik Ini

Kompas.com - 03/07/2024, 17:01 WIB
Muh. Ilham Nurul Karim,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkendara di jalan menurun, terutama di daerah pegunungan, tentu memerlukan kehati-hatian ekstra.

Tantangan terbesar yang dihadapi pengendara adalah risiko rem blong, yang sering terjadi akibat panas berlebihan pada piringan rem atau diskbrake.

Untuk menghindari hal ini, penting bagi pengendara untuk memahami dan menerapkan teknik mengemudi yang benar.

Menurut Agus Sani, Head Of Safety Riding Promotion PT Wahana Makmur Sejati, salah satu cara paling efektif untuk mengantisipasi rem blong adalah dengan mengurangi kecepatan sebelum memasuki jalan menurun.

Baca juga: Ini Kriteria Mobil Bekas yang Minim Perawatan

"Untuk mengantisipasi agar rem tidak blong saat di turunan, maka cara paling aman adalah dengan mengurangi kecepatan sebelum menuju jalan menurun," kata Agus kepada Kompas, Selasa (2/7/2024).

Selanjutnya, Agus menyarankan agar pengereman dilakukan secara bergantian antara rem depan dan belakang untuk mencegah panas berlebih pada piringan rem.

Ilustrasi berkendara di jalan menurun.Autochem Industry Ilustrasi berkendara di jalan menurun.

"Kalau ngerem, lakukan secara bergantian antara rem depan dan belakang agar piringan rem atau diskbrake tidak panas untuk menghindari blong saat menarik rem," ujarnya.

Terkahir, pengendara harus selalu menjaga fokus dalam berkendara.

Baca juga: Jangan Ragu buat Turun Mesin Demi Kembalikan Performa Mobil

"Pandangan tetap fokus ke depan untuk mengantisipasi setiap rute yang dilalui dan tidak menggunakan rem depan secara mendadak agar roda depan tidak selip atau tergelincir," tambah Agus.

Dengan menerapkan teknik-teknik ini, pengendara dapat mengurangi risiko rem blong dan memastikan perjalanan di jalan menurun lebih aman dan terkendali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com