Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Teknik Menaklukkan Jalan Tanjakan dengan Mobil FWD | Diskon SUV Juli 2024 | Jokowi Resmikan Pabrik Baterai EV Pertama di Indonesia

Kompas.com - 04/07/2024, 06:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pembaca yang ingin tahu teknik menaklukkan jalan tanjakan dengan mobil FWD. Selain itu, tak sedikit yang ingin tahu diskon SUV per Juli 2024.

Berita tentang Jokowi meresmikan pabrik baterai EV pertama di Indonesia juga banyak membuat orang penasaran. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini deretan artikel otomotif terpopuler pada Rabu (3/7/2024):

1. Teknik Menaklukkan Jalan Tanjakan dengan Mobil FWD

Toyota Avanza, salah satu mobil dengan teknologi FWD.Auto2000 Toyota Avanza, salah satu mobil dengan teknologi FWD.

Memiliki mobil dengan sistem penggerak roda depan (FWD) seringkali menjadi pilihan banyak orang karena efisiensi bahan bakar dan handling yang lebih baik di jalanan perkotaan. Namun, ketika dihadapkan pada medan yang menanjak, kendaraan FWD bisa mengalami kendala tertentu.

Tantangan ini terjadi karena adanya perubahan titik berat kendaraan saat menanjak yang mengakibatkan ban depan kehilangan traksi, menyebabkan ban berputar tanpa daya dorong efektif.

Baca juga: Teknik Menaklukkan Jalan Tanjakan dengan Mobil FWD

2. Mengendarai Yamaha NMAX Turbo, Pengendara Harus Adaptasi

Impresi awal Yamaha Nmax TurboDok. YIMM Impresi awal Yamaha Nmax Turbo

Yamaha Indonesia saat ini menjual berbagai jenis NMAX, ada yang biasa dan Turbo. Buat Turbo, dilengkapi dengan Yamaha Electronic Contous Variable Transmission (YECVT), sedangkan satu lagi masih pakai CVT biasa.

Khusus YECVT, ada komponen yang memakai sistem elektris buat menggerakkan pulley. Selain itu, NMAX Turbo jadi memiliki fitur seperti mode berkendara dan Y-Shift.

Baca juga: Mengendarai Yamaha NMAX Turbo, Pengendara Harus Adaptasi

3. Diskon SUV Juli 2024, Yaris Cross Tembus Rp 48 Juta, XForce Rp 40 Juta

Tampilan eksterior Yaris Cross HEV. Dok. Kompas Otomotif Tampilan eksterior Yaris Cross HEV.

Memasuki semester kedua tahun 2024, sejumlah diler menawarkan promo pembelian mobil yang menarik. Promo ini berupa diskon, DP minim, hingga angsuran terjangkau. Mulai dari merek Toyota, di mana salah satu diler di kawasan Tangerang Selatan, menawarkan diskon hingga puluhan juta pada Juli ini.

“Yaris Cross NIK 2023 bisa diskon sampai Rp 48 juta, unit masih ada tipe GR HV warna Super White. Kalau NIK 2024 diskonnya Rp 25 juta,” ujar salah satu tenaga penjual Toyota, kepada Kompas.com (2/7/2024).

Baca juga: Diskon SUV Juli 2024, Yaris Cross Tembus Rp 48 Juta, XForce Rp 40 Juta

4. Naik DAMRI Double Decker Rute Jakarta-Malang, Tarif mulai Rp 500.000

Bus Double Decker Imperial Suites DAMRIDok. DAMRI Bus Double Decker Imperial Suites DAMRI

Bus Double Decker “Imperial Suites” DAMRI banyak menarik perhatian masyarakat, khususnya bagi pelanggan yang ingin bepergian pada rute Jakarta – Surabaya – Malang PP.

Tercatat sejak beroperasi pada Februari 2024, bus ini beroperasi dengan tarif yang bersaing. Tidak hanya itu saja, layanan ini menawarkan waktu perjalanan yang lebih singkat.

Baca juga: Naik DAMRI Double Decker Rute Jakarta-Malang, Tarif mulai Rp 500.000

5. Jokowi Resmikan Pabrik Baterai EV Pertama di Indonesia

Hyundai Kona Electric pakai baterai mobil listrik buatan LG-HyundaiKompas.com/Ruly Hyundai Kona Electric pakai baterai mobil listrik buatan LG-Hyundai

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan fasilitas pabrik baterai mobil listrik pertama di Tanah Air yang dioperasikan oleh Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power, Rabu (3/7/2024).

Bertempat di kawasan Karawang New Industry City (KNIC), Jawa Barat, upaya ini menandakan babak baru industri kendaraan listrik (electric vehicle/EV) nasional. Membuat visi untuk menjadi pemain utama EV global semakin nyata.

Baca juga: Jokowi Resmikan Pabrik Baterai EV Pertama di Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com