Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peran Crumple Zone Mengamankan Penumpang Saat Mobil Terjadi Kecelakaan

Kompas.com - 05/07/2024, 15:22 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Crumple zone merupakan sebuah inovasi penting dalam desain keselamatan kendaraan modern.

Dengan adanya crumple zone di bagian depan dan belakang kendaraan yang mudah rusak atau remuk saat terjadi benturan, membuat kerusakan pada bagian-bagian tersebut tidak langsung berdampak pada kabin penumpang.

Iwan, Pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic mengatakan, crumple zone merupakan fitur keamanan untuk melindungi penumpang dari cedera yang lebih serius ketika mobil terjadi tabrakan.

Baca juga: Tanda-tanda Tekanan Ban Mobil Kurang Udara, Pengemudi Harus Peka

Mobil terlibat kecelakaan dengan kereta api di petak jalan Stasiun Jerakah- Semarang Poncol, Jawa Tengah (Jateng). Jumat (17/5/2024). KOMPAS.COM/screenshot akun Instagram @infokejadian_semarang Mobil terlibat kecelakaan dengan kereta api di petak jalan Stasiun Jerakah- Semarang Poncol, Jawa Tengah (Jateng). Jumat (17/5/2024). 

“Di mana bagian depan dan belakang mobil struktur sasisnya dibuat sedemikian rupa agar ruang penumpang lebih aman,” kata Iwan kepada Kompas.com, Jumat (5/7/2024).

Iwan menjelaskan, ketika terjadi tabrakan depan atau belakang, bagian yang bertabrakan di desain mudah hancur sehingga akan meredam energi kinetik yang diteruskan ke ruang penumpang.

Mobil sekarang kalau tabrakan sedikit saja rusaknya banyak, seolah-olah bahannya jelek, padahal itu bagian dari fitur keamanan,” kata Iwan.

Baca juga: Estimasi Biaya Perbaikan Bodi Mobil yang Ringsek akibat Tabrakan


Pada saat terjadi kecelakaan peran crumple zone sangat penting, di mana titik benturan yaitu ujung depan dan belakang mobil dibuat mudah rusak atau bahkan remuk. Sehingga aliran energi kinetik stop sampai di titik itu, jadi tidak diteruskan ke kabin mobil.

“Sehingga bagian penumpang aka utuh tidak ringsek. Beda halnya kalau bagian ujung mobil dibuat kaku atau rigit, maka energinya akan diteruskan ke kabin penumpang, dan kabin akan ikut ringsek,” kata Iwan.

“Makanya bahan-bahan pembuatan mobil sekarang banyak yang dari plastik yang mudah pecah. Itu bagian dari fitur keselamatan,” kata Iwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com