Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Cari Tempat Parkir Mobil yang Aman Saat Cuaca Hujan

Kompas.com - 05/07/2024, 10:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewasa ini sejumlah wilayah di Jabodetabek mengalami curah hujan tidak menentu hingga menimbulkan genangan yang cukup tinggi. Rata-rata, kejadian berlangsung pada siang hari atau menjelang sore.

Dalam keadaan tersebut, terdapat berbagai hal penting yang perlu diantisipasi oleh pemilik kendaraan. Salah satunya, parkir di tempat yang baik supaya bisa terhindar dari kasus mobil tergengang.

Sebab hal ini berpotensi menyebabkan beragam masalah serius pada bagian mesin, transmisi, kaki-kaki, hingga eksterior dan interior.

Baca juga: Waspada Pohon Tumbang dan Jalan Licin Ketika Berkendara Saat Hujan

Ilustrasi penitipan dan parkir mobil di bandara.airportparkingreservations.com Ilustrasi penitipan dan parkir mobil di bandara.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, menyebut tempat atau ruang paling baik untuk parkir dikondisi tertutup dan terhindar dari udara langsung seperti di garasi.

"Kalau harus di luar (tempat parkir umum) pastikan tempat yang resmi, permukaan keras atau datar kira-kira di atas tinggi muka jalan sekitar 50 cm," katanya kepada Kompas.com, Kamis (4/7/2024).

Jika tinggi muka jalan tidak tercapai, kata Sonny dalam kesempatan terpisah, pemilik mobil bisa memarkir kendaraan kesayangannya di jalanan yang menanjak. Tapi perlu dicatat, ini hanya digunakan dalam keadaan darurat saja.

"Parkir di turunan atau tanjakan pasti memiliki bahaya. Mobil berpotensi untuk bergerak sendiri atau lainnya. Jadi hanya dalam kondisi darurat saja," kata dia.

Baca juga: Persiapan yang Harus Dilakukan Bikers Saat Musim Hujan

ilustrasi parkir mobil pararelhttps://www.kirklandhonda.com/parallel-parking-tips/ ilustrasi parkir mobil pararel

Jika demikian, pastikan mobil mengaktifkan braking brake, ganjal ban di roda penggerak dengan batu cukup besar seperti paving blok, serta gunakan gigi satu untuk mobil manual dan posisi transmisi 'P' pada mobil matik.

Sementara kalau pengendara bandel untuk memarkirkan kendaraan di sembarang tempat atau tak resmi, kata Sonny, bisa berisiko tinggi. Kerusakan pada mobil pun biasanya tidak akan ditanggung.

"Tempatnya bisa jadi tidak ideal, seperti langsung terkena matahari, dekat dengan pohon, dan lain sebagainya," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com