Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Waktu Ideal Servis Rem Mobil?

Kompas.com - 27/05/2024, 16:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SUKOHARJO, KOMPAS.com - Salah satu perawatan mobil adalah melakukan servis rem secara berkala. Seperti yang diketahui, rem memegang peran penting sebagai fitur keselamatan berkendara.

Sudah semestinya mobil tidak hanya perlu memperhatikan performa mesin tapi rem juga wajib dalam kondisi terbaiknya agar dapat mengurangi kecepatan laju mobil dengan akurat.

Salah satu risiko mobil jarang melakukan servis rem adalah rem blong. Maka dari itu perawatan ini wajib dilakukan secara rutin.

Baca juga: Viral di Warganet, Mobil Alami Rem Blong Kenapa Tidak Cabut Kunci?


Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota-Mitsubishi, Garasi Auto Service Sukoharjo mengatakan untuk mencegah terjadinya rem blong, kendaraan perlu melakukan perawatan rem secara berkala.

“Servis rem secara rutin tiap 10.000 Km atau 6 bulan meliputi pemeriksaan ketebalan kampas rem, pembersihan, pelumasan, dan kinerja kaliper rem, sehingga pengereman bekerja secara optimal,” ucap Muchlis kepada Kompas.com, Senin (27/5/2024).

Muchlis mengatakan selain memeriksa rem pada masing-masing roda, pemeriksaan lainnya meliputi setiap saluran dan komponen sampai menuju pedal rem.

Baca juga: Rem Blong, Truk Trailer Tabrak Motor di Magelang, 1 Orang Tewas

Petugas mengevakuasi mobil yang terlibat kecelakaan di Bawen Kabupaten Semarang, Selasa (23/4/2024)KOMPAS.com/Dok. Polres Semarang Petugas mengevakuasi mobil yang terlibat kecelakaan di Bawen Kabupaten Semarang, Selasa (23/4/2024)

“Master dan booster rem perlu diperiksa bekerja dengan benar atau tidak, selang dan persambungan pipa rem diperiksa dari kebocoran dan kerusakan fisiknya, dengan demikian akan menekan peluang terjadinya rem blong,” ucap Muchlis.

Selain perawatan berupa pembersihan, pengukuran dan pelumasan, konsumen juga berkewajiban mengganti minyak secara teratur menurut Muchlis yakni tiap 40.000 Km atau 2 tahun sekali.

“Tujuannya untuk memastikan kualitas minyak rem selalu baik, karena salah satu jenis rem blong berupa vapour lock yakni penguapan, sehingga akan membuat udara palsu di saluran minyak rem,” ucap Muchlis.

Baca juga: Hindari Kebiasaan Ini untuk Mencegah Mobil Mengalami Rem Blong

Ilustrasi reservoir minyak rem mobilGridoto/Ryan Ilustrasi reservoir minyak rem mobil

Muchlis mengatakan seiring usia pemakaian, kualitas minyak rem akan menurun bersamaan dengan bertambahnya kandungan air di dalam minyak rem. Dari segi tampilan, warna minyak rem akan keruh kehitaman.

Jadi, rem mobil membutuhkan perawatan secara teratur agar risiko rem blong tidak terjadi dalam mobilitas sehari-hari menggunakan mobil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com