Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengemudikan Mobil Transmisi Manual agar Hemat BBM

Kompas.com - 17/06/2024, 11:22 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Pengemudi bisa memilih gigi percepatan pada mobil manual secara penuh sehingga akurasi berkendara menjadi lebih baik.

Pengemudi juga bisa menerapkan cara berkendara yang hemat bahan bakar minyak (BBM) dengan memainkan persneling dengan tepat.

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta, mengatakan ada beberapa yang cara bisa dilakukan pengemudi saat berkendara mobil manual agar konsumsi BBM lebih hemat.

Baca juga: Sebab Munculnya Bau Gosong Saat Mobil Manual Lewati Tanjakan


“Setiap BBM yang terbakar harus bisa terkonversi dengan jarak tempuh, salah satunya dengan melakukan perpindahan gigi pada putaran rendah, maksimal 2.500 Rpm sudah melakukan perpindahan gigi lebih tinggi,” ucap Hardi kepada Kompas.com, belum lama ini.

Hardi mengatakan perpindahan gigi percepatan di putaran mesin yang tidak terlalu tinggi dapat menghasilkan daya putar yang lebih kencang lebih dini. Sehingga, setiap bahan bakar yang dikonsumsi menghasilkan putaran yang bisa dimaksimalkan.

“Jika ada, gunakan mode eco driving, cara tersebut cukup efektif untuk menekan konsumsi bahan bakar pada mobil,” ucap Hardi.

Baca juga: Beli Mobil Manual Bekas Wajib di Tes di Jalan Menanjak

Transmisi manual Wuling ConferoIST Transmisi manual Wuling Confero

Hardi juga mengatakan, perlu menyetel AC pada suhu pertengahan. Dengan demikian, kerja AC tidak terlalu berat sehingga, bisa memperingan beban mesin yang ujung-ujungnya dapat menghemat bahan bakar.

“Perlu menjaga jarak dengan dengan mobil di depannya, agar terbiasa mengurangi injakan pedal gas, tanpa harus menginjak pedal rem, ini juga merupakan cara memaksimalkan gaya dorong kendaraan,” ucap Hardi.

Selebihnya, Hardi menjelaskan performa mesin perlu dijaga agar selalu prima dengan melakukan servis berkala atau memastikan secara mandiri terkait kondisi ban, air pendingin mesin dan lain-lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com