Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai Belum Berencana Luncurkan Merek Genesis di Indonesia

Kompas.com - 27/05/2024, 15:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) belum berencana meluncurkan sub-brand premiumnya, Genesis di Tanah Air.

Budi Nur Mukmin, Chief Marketing Officer HMID menjelaskan, hal tersebut karena diperlukan suatu studi khusus yang mendalam khususnya mengenai pasar.

"Kita dulu (KTT G20) sudah hadirkan dan ada beberapa unit yang akhirnya kita pasarkan. Tapi kita belum ada studi lebih jauh tentang brand itu di Infonesia," katanya di PIK 2, Jakarta Utara, Jumat (24/5/2024).

"Apakah itu akan dijual di sini atau tidak, kita akan selalu studi," lanjut Budi.

Namun ketika studi yang dilakukan positif, tidak menutup kemungkinan Genesis akan hadir secara khusus di Indonesia.

Baca juga: ECGO Kerja Sama dengan Gotion, Motor Listrik buat Ojol Cuma Rp 55.000 Per Hari

Genesis G80 ElectrifiedDoc Carscoops Genesis G80 Electrified

Artinya, bagi HMID saat ini segala kemungkinan masih terbuka lebar. Termasuk produk-produk elektrifikasi di bawah bendera besar merek Korea Selatan tersebut.

"Insya Allah kalau studi kita bagus, kenapa tidak," kata Budi.

Diketahui, Genesis merupakan merek premium yang sempat meramaikan gelaran kenegaraan di Tanah Air, yaitu Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali akhir 2022 lalu.

Kala itu, pihak HMID meminjamkan Genesis G80 yang diimpor secara utuh dari Korea Selatan untuk menjadi mobil VIP para petinggi negara.

Baca juga: Mitsubishi Resmikan Dua Diler Baru di Kalimantan Timur

Usai digunakan dalam acara tersebut, Genesis G80 dijual kepada umum. Namun, selain unit yang digunakan pada KTT G20, Genesis G80 belum dijual secara umum di pasar otomotif Indonesia.

“Genesis pasti akan kami perkenalkan di Indonesia. Jadi dimulai dengan event, dipakai sebagai kendaraan G20 kemarin, karena memang segmennya premium. Pastinya kita ingin memperkenalkan produk tersebut sebagai salah satu bagian Hyundai di Indonesia, jadi tunggu tanggal mainnya,” ucap Fransiscus Soerjopranoto, Chief Operating Officer HMID saat ditemui di Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Ia melanjutkan, nantinya tidak hanya model Genesis G80 saja yang akan dijual di Indonesia. Melainkan mobil Genesis di segmen lain juga turut diperkenalkan.

"Bukan hanya sedan yang diperkenalkan, tapi model selain sedannya juga kita perkenalkan. Itu bocorannya,” kata Frans.

Namun sampai sekarang, belum ada kepastian mengenai Genesis di pasar nasional.Saat ini HMID tengah berfokus menambah jajaran produk kendaraan listriknya sembari membentuk ekosistem EV.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com