Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi Triton Jadi Penguasa Kalimantan Timur

Kompas.com - 27/05/2024, 15:30 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

BERAU, KOMPAS.com - Memiliki kontur geografis medan berat dan banyaknya perusahaan tambang serta perkebunan, membuat mobil dengan kemampuan off-road dan mampu membawa banyak barang, menjadi pilihan tersendiri di Kalimantan Timur.

Mitsubishi Triton menjadi penyumbang penjualan terbesar di Kalimantan Timur, dengan mendominasi pangsa pasar lebih dari 50 persen. Sementara di segmen kendaraan penumpang, Pajero Sport memegang pangsa pasar 51 persen.

Baca juga: Pengguna Kendaraan Harus Hati-hati Saat Lewat Pelintasan Kereta Api

“Kalimantan timur secara market yang paling besar. Terbukti Pajero Sport kita di market share sampai 51 persen dan Triton dimana memang market terbesar MMKSI secara nasional selain Sumatera adalah Kalimantan Timur,” ucap Heru Siswantoro, Head of Kalimantan, Sulawesi, IBT section PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Tes Mitsubishi Triton di Balikpapan Tes Mitsubishi Triton di Balikpapan

Sementara untuk model lainnya seperti Xpander menyumbang angka 26 persen market share untuk area kalimantan timur. Sedangkan untuk sport utility vehicle (SUV) pendatang baru XForce ditargetkan penjualan nasional mencapai 15 persen di tahun 2024.

“Untuk XForce kita target nasional 15 persen kita akan coba di 2024 ini. Itu kontribusi yang coba kita targetkan,” kata Heru.

Baca juga: ECGO Atasi Kendala Ojol Pakai Motor Listrik, Bisa Jalan 200 Km Sehari

Tingginya angka penjualan Triton di Kalimantan Timur sebagian besar disumbangkan oleh segmen fleet (pembelian borongan), oleh perusahaan tambang dan perkebunan.

Mitsubishi bahkan sampai melakukan strategi jemput bola, dengan melayani servis rutin langsung di lokasi tambang atau perkebunan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com