Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Sopir Mobil Damkar Sampai Lokasi Kebakaran Tepat Waktu

Kompas.com - 13/06/2024, 07:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil pemadam kebakaran (damkar) merupakan salah satu kendaraan yang memilki hak utama di jalan raya. Saat mobil damkar bertugas, seluruh pengguna jalan mesti memberikan jalan.

Mobil damkar mesti sampai tujuan atau lokasi kebakaran secepat mungkin. Sebab jika tidak kemungkinan api merembet jadi lebih besar dan jadi lebih sulit ditangani.

Baca juga: Marquez Mengaku Tidak Berencana Patahkan Rekor Juara Dunia Rossi

Mobil Damkar Makassar saat selesai melakukan pemadaman di area RSKD Dadi Makassar, Sulsel, Kamis (14/9/2023)Kompas.com/Darsil Yahya M Mobil Damkar Makassar saat selesai melakukan pemadaman di area RSKD Dadi Makassar, Sulsel, Kamis (14/9/2023)

Lukman Habib, Komandan Regu 3 Sektor Gunung Putri, Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor, mengatakan, jika sedang menuju lokasi kebakaran dan jalan macet parah maka ada dua cara yang biasanya dilakukan sopir mobil damkar.

“Berani mengambil contraflow (lawan arah) tapi tetap memperhitungkan keselamatan pengguna jalan lain,” ujar Lukman kepada Kompas.com, Rabu (12/6/2024).

“Terus biasanya kalau sudah tidak bisa mengambil jalan lain, biasanya kami akan perintahkan anggota untuk turun jadi untuk membantu kelancaran lalu-lintas. Dia akan lari sampai ke ujung, misalnya macet karena persimpangan maka persimpangan akan diatur,” katanya.

Mobil pemadam kebakaran Diskar PB Kota Bandung saat melakukan pemadaman api di area penyimpanan limbah plastik di kawasan industri Jalan Mekarmulya, Kecamatan Panyileukan, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (10/5/2024).Kompas.com/Faqih Rohman Syafei Mobil pemadam kebakaran Diskar PB Kota Bandung saat melakukan pemadaman api di area penyimpanan limbah plastik di kawasan industri Jalan Mekarmulya, Kecamatan Panyileukan, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (10/5/2024).

Baca juga: PO Putra Rafflesia Luncurkan Bus Baru Pakai Bodi Jetbus 5

Lukman mengatakan, menjadi sopir mobil damkar dituntut punya keahlian mengemudi dan konsentrasi tinggi.

“Kalau bawa truk itu mungkin sama saja seperti mobil biasanya. Bedanya ialah terpacu dengan waktu. Jadi ada adrenalin tersendiri,” ujar Lukman.

“Selain kami harus memikirkan keselamatan anggota yang ada di mobil, kami juga mesti memikirkan keselamatan pemakai jalan lain. Aspek konsentrasi dituntut tinggi,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com