Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral di Warganet, Mobil Alami Rem Blong Kenapa Tidak Cabut Kunci?

Kompas.com - 22/05/2024, 09:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Viral di media sosial video soal pernyataan bagaimana penanganan mobil yang alami rem blong. Rekaman tersebut diunggah oleh akun Instagram @lowslowmotif, pada Selasa (21/5/2024).

Dalam tayangan tersebut memperlihatkan pengendara motor yang merekam ke arah jalan, dilengkapi dengan narasi yang mempertanyakan penanganan ketika mobil alami rem blong.

“Tiba-tiba kepikiran, kalau misalkan rem mobil blong kenapa enggak cabut saja kuncinya. Kan mobilnya jadi otomatis berhenti kan,” tulis unggahan tersebut.

Baca juga: Mobil Listrik Sudah Ada Baterai, untuk Apa Pakai Aki Lagi?

Tak sedikit warganet yang memberi komentar terhadap unggahan tersebut. Sebagian dari mereka tidak menyarankan untuk mencabut kunci kendaraan ketika rem blong.

“Itu tidak bisa jadi solusi lebih baik matikan mesin posisikan persneling di posisi netral baik itu mobil matic atau manual mainan tuas hand brake secara perlahan mobil akan berhenti secara perlahan juga atau cara yg lebih extream buka pintu langsung berguling keluar seperti yg di lakukan sama Dominic Toretto,” tulis komentar @fery_fadli88.

“Mesinnya sih mati, tapi ban nya masih jalan bang,” tulis akun @naufalll.cu.

“Bagus nih solusinya,tapi kepikiran ga? kalo mobil mati otomatis power steering jadi ga aktif yang bisa bikin tambah bahaya dan rem juga menjadi lebih berat ga seperti ketika mesin mobil menyala. Menurut saya mematikan mesin adalah solusi/pilihan yang kurang bagus. ini menurut saya,” tulis komentar @onlyynano.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Lowslowmotif (@lowslowmotif)

Menanggapi hal ini, Dealer Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, saat mobil mengalami rem blong, dengan sopir mencabut kunci justru malah berbahaya.

“Kalau kunci dicabut malah bahaya karena setir akan terkunci sehingga tidak dapat dibelokkan, tetapi mobil tetap meluncur,” kata Didi, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Menurut Didi, ketika mobil alami rem blong yang pertama harus diperhatikan adalah melihat jarak dan kondisi jalan.

“Kalau jaraknya masih cukup, bisa mencoba menginjakkan pedal rem, sambil menurunkan gigi (efek engine brake) dan fungsikan rem parkir dengan pelan-pelan untuk menghindari ban belakang terkunci. Kemudian segera arahkan mobil ke tempat yang aman,” kata Didi.

Baca juga: Lebih Sulit Mana, Perawatan Mobil Hybrid atau Bensin?

Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan menambahkan, mengatasi mobil yang alami rem blong memang hal yang gampang-gampang susah.

Selain jangan panik, bisa juga dengan mencoba menginjak pedal rem lagi karena kemungkinan rem mengalami vapor locking.

Pengemudi juga bisa melakukan engine brake secara bertahap untuk menurunkan transmisi sehingga kecepatan mobil menjadi menurun.

“Jika mobil masih jalan juga, coba untuk menggerakkan mobil ke pembatas jalan atau apabila ada jalur penyelamat bisa digunakan,” kata Marcell.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com