Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganti Ban Kecil Jadi Besar Bisa Menyulitkan saat Putar Balik

Kompas.com - 13/06/2024, 11:42 WIB
Muh. Ilham Nurul Karim,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengganti ukuran ban mobil merupakan salah satu modifikasi yang sering dilakukan oleh pecinta otomotif untuk memberikan tampilan yang lebih kekar dan sporty pada kendaraan mereka.

Namun, di balik estetika yang menarik, ada konsekuensi yang harus dipertimbangkan terutama terkait dengan performa dan keselamatan saat berkendara.

Efo, pengelola Warna Warni Ban di Jakarta Selatan, menjelaskan, bahwa mengganti ban dengan ukuran lebih besar bisa memperpanjang jarak pengereman mobil.

Baca juga: Ulas Desain Eksterior Hyundai Palisade Facelift, Gagah dan Elegan

"Harusnya berhenti dalam 100 meter, jadinya malah berhenti dalam 200 meter," kata Efo kepada Kompas.com pada Selasa (11/6/2024).

Penggunaan ban yang lebih besar dapat mengurangi efektivitas pengereman, terutama dalam situasi darurat.

Ukuran ban yang lebih besar memiliki berat yang lebih dan permukaan yang lebih luas. Hal ini menyebabkan peningkatan resistensi saat mobil berjalan sehingga mesin harus bekerja lebih keras dan sistem pengereman harus menanggung beban yang lebih berat.

Ganti ban mobil lebih besar ada aturannya demi menjaga kenyamanan dan keselamatan berkendara.Seva Ganti ban mobil lebih besar ada aturannya demi menjaga kenyamanan dan keselamatan berkendara.

Tanpa penyesuaian yang tepat pada sistem pengereman, mobil dengan ban besar akan membutuhkan jarak pengereman yang lebih panjang.

Selain itu, mengganti ban dengan ukurang lebih besar akan menyulitkan pengendara saat ingin memutar balik mobilnya.

"Kalo bannya kebesaran kan, juga menyulitkan sopir sendiri pas belok atau putar balik gitu," katanya.

Baca juga: Mengapa Ban Mobil Perlu Rotasi Setiap 10.000 Km?

Efo juga menekankan pentingnya memperhatikan penyesuaian sistem pengereman jika ban diganti dengan ukuran yang lebih besar.

"Jadi, kalau mau ban yang besar, rem juga harus disesuaikan, besarnya," ujarnya.

Rem yang tidak disesuaikan dengan ukuran ban yang lebih besar akan mengurangi daya cengkeram dan efisiensi pengereman sehingga rentan terjadi kecelakaan.

Dengan demikian, sementara mengganti ukuran ban dapat meningkatkan penampilan kendaraan, penting untuk diingat bahwa modifikasi ini juga berdampak pada aspek keselamatan dan performa mobil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com