Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai Masih Hitung TKDN Kona Electric

Kompas.com - 17/06/2024, 11:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Hyundai Kona Electric segera meluncur di GIIAS 2024. Buat harganya, Hyundai mengumumkan ada di kisaran Rp 500 juta, jadi mobil listrik yang masuk segmen medium.

Selain itu, Kona Electric disebut akan menggunakan baterai rakitan dalam negeri. Seharusnya, Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) mobil baru Hyundai itu nantinya bisa meningkat signifikan.

Budi Nur Mukmin, Chief Marketing Officer Hyundai Motors Indonesia mengatakan, TKDN Kona Electric sudah tinggi, tapi angka pastinya perlu dicek kembali.

Baca juga: SPK Hyundai Kona Electric Diklaim Tembus 300 Unit

Hyundai Kona Electric di IIMS 2024KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Hyundai Kona Electric di IIMS 2024

"Jelasnya, ini jadi yang pertama menggunakan baterai produksi lokal," kata Budi di Bogor, Sabtu (15/6/2024).

Kalau dibandingkan, Ioniq 5 yang sudah dirakit di dalam negeri TKDN-nya sudah 40 persen. Nantinya kalau sudah pakai baterai produksi Indonesia, bisa naik sampai 60 persen.

Naiknya TKDN tidak membuat Hyundai yakin dengan harga jualnya yang bisa ditekan. Mengingat penentu harga mobil listrik ada banyak komponennya.

Baca juga: Penjelasan Kenapa Ban Mobil Bisa Selip saat Lewat Tanjakan Curam

"Secara logis iya (lebih murah). Seberapa besar itu (baterai produksi Indonesia) mempengaruhi harga menjadi murah, tergantung faktor-faktor lainnya," kata Budi.

Buat Kona Electric, memang belum jelas Rp 500 jutaan ini akan seperti apa. Belum lagi sekarang kondisi makro ekonomi terus bergerak, seperti kurs Rupiah yang melemah.

"Sekarang kita usahakan sebisa mungkin harganya Rp 500 jutaan. Mudah-mudahan tidak ada sesuatu perubahan drastis yang membuat harganya sampai pada level Rp 600 jutaan," kata Budi.

Hyundai sendiri belum memberi detail spesifikasi dari Kona Electric. Cuma yang diketahui, akan ada dua tipe, Prime dan Signature dengan jarak tempuh mulai 400 Km sampai 600 Km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com