Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuma Incar Uang, Liberty Media Tak Akan Ubah Format MotoGP Jadi Ala F1

Kompas.com - 02/04/2024, 17:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Crash.net


JAKARTA, KOMPAS.com - Liberty Media resmi mengambil alih kepemilikan MotoGP dengan membeli mayoritas saham Dorna Sport. Meski demikian ke depan Dorna akan tetap menjalakan pentas MotoGP.

CEO Liberty, Greg Maffei, mengatakan, pada dasarnya secara balapan tidak akan terjadi perubahan besar di MotoGP di bawah kepemilikan baru. Hanya saja pihaknya akan lebih massif untuk mengembangkan bisnis yang menghasilkan uang.

Baca juga: Resmi, Liberty Media Jadi Pemilik Baru MotoGP

"Apa yang benar-benar kami lihat di F1 adalah ketika kami mengembangkan basis penggemar, monetisasi Anda menjadi lebih mudah. Karena mitra Anda, apakah mereka mitra penyiaran, mitra promotor atau mitra sponsor dan apakah mereka melihat branding atau aktivasi, dan semakin banyak yang melakukan aktivasi, itu semua adalah bagian yang tak terpisahkan," kata Maffei dilansir dari Crash, Selasa (2/4/2024).

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Portugal 2024Dok. Gresini Racing Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Portugal 2024

Maffei mengatakan MotoGP merupakan bisnis balapan global dengan basis penggemar yang loyal dan antusias. MotoGP punya peluang untuk lebih besar karena balapannya memukau.

"Ketika kegembiraan itu tumbuh, ketika permintaan itu tumbuh, ketika audiens itu tumbuh, semuanya mengalir bersama. Itulah yang kami rasakan di Formula 1, semuanya datang bersamaan. Saya yakin itu adalah potensi yang ada di sini," katanya.

"(MotoGP) adalah produk yang luar biasa, kami tidak berencana untuk mengubah olahraga ini. Tujuan kami adalah membukanya untuk khalayak yang lebih luas. Membukanya untuk lebih banyak mitra komersial dari semua jenis. Semua itu berjalan beriringan," katanya.

Baca juga: Tanda Oli Transmisi Mobil Matik Sudah Minta Diganti

Mobil Mercedes Formula 1 yang pernah dipakai  Lewis Hamilton saat pertama kali menang balapan F1 di Grand Prix Hongaria pada 2013 akan dilelang oleh RM Sotheby di Las Vegas, November 2023.Foto: Carscoops.com Mobil Mercedes Formula 1 yang pernah dipakai Lewis Hamilton saat pertama kali menang balapan F1 di Grand Prix Hongaria pada 2013 akan dilelang oleh RM Sotheby di Las Vegas, November 2023.
Maffei mengatakan MotoGP tidak akan seperti F1. Pernyataan ini untuk menggaris bawahi bahwa di F1 ada beberapa sirkuit jalan raya yang rupanya sangat diminati oleh penonton.

Liberty Media resmi mengambil alih MotoGP dari Dorna Sport penjualan sebesar 4,2 miliar euro atau setara Rp 71,7 triliun. Lebih besar dari yang disebutkan sebelumnya yaitu 4 miliar euro atau sekitar Rp 68,5 triliun.

Liberty Media disebut mengalahkan tawaran beberapa perusahaan lain, mulai dari TKO, perusahaan pemilik UFC dan WWE. Kemudian Qatar Sports Investments, pemilik klub sepak bola Paris-Saint Germain, dan Bridgepoint, perusahaan ekuitas swasta yang terlibat di MotoGP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Crash.net
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com