Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Jangan Tunggu Overheat, Ini Tanda Radiator Mobil Sudah Minta Diservis || Jangan Kaget, Ini Alasan Kenapa Ada Bercak Karat di Cakram Mobil

Kompas.com - 19/03/2024, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Radiator merupakan salah satu komponen pada sistem pendingin mesin mobil. Perannya sebagai tempat pendinginan coolant sehingga wajib dalam kondisi prima.

Rupanya, radiator tidak bekerja sendirian melainkan didukung oleh beberapa komponen lain dalam satu sistem seperti kipas radiator, kualitas coolant, thermostat dan sejenisnya.

Pemilik INF Auto Servis Depok Fendi Pamungkas mengatakan kebanyakan pengendara mengetahui bahwa radiator mobil bermasalah ketika sudah kejadian overheat, padahal itu yang seharusnya dihindari.

Selain itu, bagi pemilik mobil, pastinya sering melihat munculnya bercak seperti warna karat pada bagian piringan cakram. Terutama di musim hujan atau ketika mobil usai dicuci dan didiamkan dalam waktu yang lama.

Baca juga: Rumor Jorge Martin Ancam Hengkang, Ini Kata Ducati

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Senin, 18 Maret 2024:

1. Jangan Tunggu Overheat, Ini Tanda Radiator Mobil Sudah Minta Diservis

Master Radiator Coolantist Master Radiator Coolant

“Ketika mesin mengalami overheat maka pengecekan yang dilakukan bengkel tidak berhenti pada sistem pendinginnya saja, tapi ada langkah investigasi apakah panas berlebih ini menyebabkan kerusakan lain di mesin,” ucap Fendi kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Jangan Tunggu Overheat, Ini Tanda Radiator Mobil Sudah Minta Diservis

2. Jangan Kaget, Ini Alasan Kenapa Ada Bercak Karat di Cakram Mobil

Bercak karat pada cakram mobilKOMPAS.com/STANLY RAVEL Bercak karat pada cakram mobil

Fenomena ini membuat sebagian pemilik mobil bertanya-tanya, apakah hal tersebut memang benar-benar karat dari material cakram, atau hanya sekadar bercak biasa dari kotoran yang menempel.

Menjawab hal ini, sebelumnya Bambang Supriyadi, Executive Coordinator After Sales Service Management Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sudah pernah memberikan penjelasan.

Baca juga: Jangan Kaget, Ini Alasan Kenapa Ada Bercak Karat di Cakram Mobil

3. Pelanggar Ganjil Genap Saat Mudik Lebaran Langsung Kena Tilang ETLE

Sejumlah kendaraan terpantau melintas Tol Cipali Kilometer 187 Kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebon, Jumat pagi (23/12/2022). MUHAMAD SYAHRI ROMDHON Sejumlah kendaraan terpantau melintas Tol Cipali Kilometer 187 Kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebon, Jumat pagi (23/12/2022).

Guna mengurangi kepadatan lalu lintas selama arus mudik dan arus balik Lebaran 2024, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Perhubungan Darat bersama Korlantas Polri dan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR bakal menerapkan sejumlah rekayasa lalu lintas.

Salah satunya adalah penerapan ganjil genap yang tetap diberlakukan selama masa arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini. Korlantas Polri menyatakan bahwa pelanggar ganjil-genap akan ditindak secara tilang elektronik melalui kamera ETLE.

Baca juga: Pelanggar Ganjil Genap Saat Mudik Lebaran Langsung Kena Tilang ETLE

4. Bocah Terlindas Bus Saat Berburu Klakson Telolet

Anak-anak kecil membawa papan bertuliskan Om telolet saat didekat terminal Jombor, SlemanKontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma Anak-anak kecil membawa papan bertuliskan Om telolet saat didekat terminal Jombor, Sleman

Fenomena klakson telolet bus saat ini masih marak diburu oleh pecinta bus di Indonesia. Namun, aktivitas tersebut tak jarang membahayakan keselamatan jiwa, baik untuk dirinya sendiri maupun pengemudi dan penumpang bus yang direkam.

Misalnya saja seperti insiden yang terjadi di Jalan Raya Merak, Kota Cilegon, Banten, Minggu (17/3/2024).

Baca juga: Bocah Terlindas Bus Saat Berburu Klakson Telolet

5. Aksi Kebut-kebutan, Porsche Tabrak Grand Livina di Jalan Tol

Porche tabrak mobil dari belakang di Tol Sidoarjo, Minggu (17/3/2024).Dokumen: Unit PJR Polda Jatim Porche tabrak mobil dari belakang di Tol Sidoarjo, Minggu (17/3/2024).

Kecelakaan yang melibatkan mobil sport kembali terjadi. Kali ini Porsche 911 Carrera S berwarna hijau menabrak Nissan Grand Livina di Tol Kejapanan-Sidoarjo, Minggu (17/3/2024).

Berdasarkan keterangan Kanit PJR Polda Jatim 2, AKP Puguh Winarno, Porsche hijau menabrak dari belakang Grand Livina yang keduanya mengarah ke Sidoarjo, kondisi lalu lintas cenderung lancar dan cuaca sedang cerah.

Baca juga: Aksi Kebut-kebutan, Porsche Tabrak Grand Livina di Jalan Tol

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com