Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Motor Jelang Lebaran Tahun Ini Diprediksi Turun

Kompas.com - 18/03/2024, 19:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Penjualan motor domestik menjelang Lebaran tahun ini diperkirakan tidak seramai tahun-tahun sebelumnya. Hal ini tercermin dari tren penjualan pada dua bulan pertama tahun 2024.

Sigit Kumala, Ketua Bidang Komersial Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), mengaku was-was dengan situasi pasar otomotif menjelang Lebaran tahun ini.

“Tahun lalu saja kan peningkatannya tidak begitu besar. Apalagi situasi seperti sekarang, harga pangan cukup tinggi naiknya,” ujar Sigit, kepada Kompas.com (15/3/2024).

Baca juga: Cerita Pemilik Tesla Model X yang Tewas karena Transmisi Layar Sentuh

Honda ScoopyKOMPAS.com/Gilang Honda Scoopy

Menurut laporan AISI, penjualan motor pada Januari-Februari yang lalu secara berturut-turut mencatat 592.658 unit dan 558.685 unit.

Angka ini lebih rendah dibandingkan periode yang sama tahun 2023, yaitu sebesar 615.416 unit dan 575.502 unit.

“Dari dua bulan (Januari-Februari 2024) itu harga beras saja kalau kita lihat ada kenaikan sekitar 40 persen, pasti orang fokus ke sana dulu,” ucap Sigit.

Baca juga: Jangan Tunggu Overheat, Ini Tanda Radiator Mobil Sudah Minta Diservis

Seperti diketahui, menjelang Lebaran biasanya penjualan motor meningkat, karena masyarakat dapat THR (Tunjangan Hari Raya) dan bonus.

Selain itu, biasanya juga ada kebutuhan untuk memiliki alat transportasi. Namun situasinya agak berbeda pada awal tahun 2024.

“Pasti konsumen berpikir ke kebutuhan pokok dulu ya, kan kalau dilihat kenaikan kebutuhan pokok cukup tinggi,” kata Sigit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com