Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Kebut-kebutan, Porsche Tabrak Grand Livina di Jalan Tol

Kompas.com - 18/03/2024, 03:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan yang melibatkan mobil sport kembali terjadi. Kali ini Porsche 911 Carrera S berwarna hijau menabrak Nissan Grand Livina di Tol Kejapanan-Sidoarjo, Minggu (17/3/2024).

Berdasarkan keterangan Kanit PJR Polda Jatim 2, AKP Puguh Winarno, Porsche hijau menabrak dari belakang Grand Livina yang keduanya mengarah ke Sidoarjo, kondisi lalu lintas cenderung lancar dan cuaca sedang cerah.

“Namun, di kilometer 768.400/B ditabrak oleh kendaraan Porsche yang berjalan searah dari belakang. Sehingga terjadi laka lantas tabrak belakang,” kata Puguh ketika dikonfirmasi melalui pesan.

Baca juga: Cara Aman Usir Kantuk buat Pengendara Motor di Bulan Puasa

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Indocarstuff (@indocarstuff)

 

Akibatnya, penumpang Grand Livina luka berat di leher. Sedangkan yang mengemudikan Porsche hanya luka ringan.

Kondisi mobilnya, bagian belakang Grand Livina remuk cukup parah. Berbeda di Porsche yang kerusakan di depan tidak terlalu parah, kap mesin bengkok sampai bumper depan yang tersangkut di bodi Grand Livina.

Menanggapi kasus seperti itu, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, kebodohan pengemudi yang kebut-kebutan di jalanan umum sudah terjadi berulang kali.

Baca juga: Fakta Kasus Xpander Tabrak Porsche, Sopir Ternyata Mabuk

"Jalan raya atau tol sering dijadikan ajang trek-trekan dan tes mesin buat mobil sport. Sekali pun sepi bukan berarti boleh asal ngegas," ucap Sony kepada Kompas.com, Minggu (17/3/2024).

Salah satu penyebab tabrak belakang adalah perbedaan kecepatan antara mobil satu dengan yang lain sangat besar. Bicara kecepatan itu juga bukan soal keterampilan mengemudi saja, tapi butuh jam terbang, kematangan dalam berpikir dan emosi yang stabil.

"Jadi pikirkan sekali lagi resiko-resiko bahayanya sebelum pedal gas diinjak. Pengalaman yang minm dan perhitungan yang rendah sama saja siap-siap kecelakaan," ucap Sony.

Jadi buat para pengemudi, apapun kendaraan yang dibawa, harus tetap patuhi rambu-rambu lalu lintas. Mengebut sambil zig-zag, agresif tidak membuktikan apa-apa. Saat di jalan, yang selalu diingat adalah selamat sampai tujuan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com