Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi Toyota di GR Garage, Bagaimana Nasib Garansi Resmi?

Kompas.com - 18/09/2023, 10:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) belum lama ini menghadirkan GR Garage, layanan baru yang dihadirkan untuk konsumen Toyota terkhusus para motorsport enthusiast.

Bengkel modifikasi resmi dari Toyota ini hadir di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara, dengan menawarkan berbagai fasilitas. Salah satunya adalah upgrade dari sisi tampilan sampai performa.

Bicara soal modifikasi, biasanya pemilik kendaraan akan kehilangan garansi kendaraan jika melakukan ubahan pada mobilnya. Apalagi bila ubahan yang dilakukan menyangkut bagian kelistrikan.

Baca juga: Pilihan Baru Cat Kendaraan, Ada 1.600 Kombinasi Warna yang Bisa Dipilih

Lantas, bagaimana jika pemilik kendaraan Toyota melakukan modifikasi di GR Garage. Apakah garansi kendaraannya bisa hilang jika melakukan ubahan di bengkel tersebut?

Menjawab hal ini, Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, selama ubahan yang dilakukan tidak terlalu ekstrem maka hanya sedikit kemungkinan garansi kendaraan akan hilang.

“Mungkin harus saya buat clear biar masyarakat tidak bingung. Jadi modifikasi di GR Garage selama itu tidak digunakan secara ekstrem, misalnya untuk motorsport garansi itu masih bisa kita pertimbangkan, tapi kalau buat (mobil) balap pasti itu sulit,” ucap Anton, saat ditemui di Sirkuit Internasional Jakarta E-Prix, Sabtu (16/9/2023).

GR GarageKOMPAS.com/Ruly Kurniawan GR Garage

"Kemudian, mobil modifikasi kan banyak itemnya, kalau parts modifikasi dari luar yang kita pasang atau bukan dari konsultan (GR Garage) kita, ini tentunya sulit untuk kita beri garansi,” lanjutnya.

Anton melanjutkan, sebelum melakukan modifikasi di GR Garage, pemilik kendaraan disarankan untuk konsultasi terlebih dahulu di GR Garage. Salah satu tujuannya adalah agar pemilik kendaraan masih bisa klaim garansi jika terjadi masalah pada kendaraan.

“Karena kadang-kadang orang itu ada kombinasi (dalam modifikasi kendaraan), itu yang kita tidak tahu cara mereka pasangnya seperti apa atau kemudian kabelnya bagaimana. Alangkah baiknya kalau customer tetap ingin mendapat garansi konsultasikan dengan konsultan kita di GR Garage agar tahu apa do and don’ts-nya,” kata Anton.

Baca juga: Bocoran Bus Baru PO Remaja Jaya Pakai Sasis Volvo

Sebagai informasi, GR Garage dioperasikan oleh Auto2000. Fasilitas yang bertempat di PIK II, Jakarta Utara ini dihadirkan sebagai media ekspresi dan komunikasi pencinta mobil performa Toyota, sekaligus workshop khusus GR.

Berdiri di lahan seluas 288 meter persegi yang terdiri dari tiga lantai, GR Garage memiliki fasilitas untuk mendukung aktivitas tuning dengan adanya dyno test, instalasi aksesori, perawatan berkala dan umum, performance parts upgrade, sampai engine tuning.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com