Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perempuan Ini Ngotot Tak Mau Pakai Helm karena Rambut Masih Basah

Kompas.com - 17/09/2023, 16:42 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Video viral di media sosial memperlihatkan seorang perempuan penumpang ojek online yang tidak mau menggunakan helm karena rambutnya masih basah.

Dalam video yang diunggah akun TikTok alzamsetiawan, persoalannya jadi pelik sebab perempuan tersebut tetap tak mau pakai helm meskipun ada razia polisi.

Baca juga: Sediakan Ragam Pilihan Busi, NGK Buka Official Store

Daripada kena tilang, sang ojol kemudian menurunkan perempuan, namun pelanggan tersebut akhirnya memberikan nilai jelek sehingga driver ojol mendapat nilai jelek dari operator.

@alzamsetiawan

biar terbuka mata aplikator khusus nya ojek online buat Maxim terutama nih jangan selalu membela cs kita sebagai driver yg tau kejadian di jalan dari pasar Pulo gadung tujuan ke Bekasi masa iya gak mau pakai helm padahal di depan Ramayana Klender ada Razia dan pada akhirnya saya menurunkan di flay over Klender coba buat aplikator Maxim saya minta keadilan nya cs yg salah kenapa saya yg kena sangsinya

? suara asli - alzam setiawan

"biar terbuka mata aplikator khusus nya ojek online buat Maxim terutama nih jangan selalu membela cs kita sebagai driver yg tau kejadian di jalan dari pasar Pulo gadung tujuan ke Bekasi masa iya gak mau pakai helm padahal di depan Ramayana Klender ada Razia dan pada akhirnya saya menurunkan di flay over Klender coba buat aplikator Maxim saya minta keadilan nya cs yg salah kenapa saya yg kena sangsinya," tulis penjelasan video dikutip Minggu, (17/9/2023).

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, helm kerap disepelekan saat berkendara adalah karena kurangnya pendidikan soal keselamatan berkendara pada orang-orang di Indonesia.

Padahal, helm berfungsi untuk melindungi kepala pengendara motor bila mengalami kecelakaan atau terjatuh. Cedera yang dialami pengendara saat kecelakaan bisa diminimalisasi jika kepala dilindungi helm.

Baca juga: Helm Motor Pernah Jatuh, Apakah Masih Aman Dipakai?

Ilustrasi helm NHK R1 di pameran IMHAXKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi helm NHK R1 di pameran IMHAX

“Selain itu, pemahaman akan risiko yang fatal jika mengendarai motor tanpa helm juga masih kurang. Padahal, banyak potensi bahaya di jalan raya yang sewaktu-waktu bisa terjadi pada pengendara,” kata Agus kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Bisa dibilang, kalau mau selamat di jalan, hukumnya wajib mengenakan helm. Jika tidak, pengendara yang mengalami kecelakaan bisa mengalami cedera serius di kepala bahkan sampai fatal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com