Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Spesikasi Truk Besar yang Viral di Tiktok

Kompas.com - 17/09/2023, 17:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sering viral mendapatakan julukan truk nabi pada sejumlah konten di Tiktok, truk raksasa berwarna kuning tersebut sempat mejeng di ajang IEE Series 2023. 

Selama empat hari, yakni 13-16 September 2023, truk tersebut menjadi bintang pada area JIExpo Kamayoran. Kendaraan besar itu berada di booth United Tractors yang turut meramaikan pameran kendaraan tambang tersebut.

Truk tersebut ternyata merupakan kendaraan tambang bernama off highway dump truck Komatsu HD785-7. Kendati punya ukuran yang besar, truk dilengkapi dengan beberapa fitur seperti sistem pengereman retarder yang mumpuni dan Variable horsepower control (VHPC).

Kedua sistem tersebut memudahkan pengoperasian saat melintasi di medan jalan yang sulit. Secara spesifikasi, dump truck itu punya daya angkut hingga 91 ton dan maksimum GVW
166000 kg atau 366,000 lb, 

Baca juga: Sebanyak 1,1 Juta Kendaraan Diklaim Telah Melakukan Uji Emisi

Biasanya kendaraan ini akan digunakan pada area pertambangan guna memindahkan material. Alat berat ini juga dilengkapi dengan vessel (bak terbuka) yang dapat bergerak naik dan turun secara hidrolik untuk menumpahkan atau mengeluarkan material.

Berdasarkan situs unitedtractors.com, truk memiliki tingkat konsumsi bahan bakar rendah dan produktivitas tinggi.  Selain itu dilengkapi pula dengan engine output 1.178 HP dan operating weight 72.000 kg.

Off highway truck di booth United Truck pada IEE Series 2023KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Off highway truck di booth United Truck pada IEE Series 2023

Baca juga: Mau AC Xpander Dingin, Segini Estimasi Biaya Perawatan Berkalanya

Sementara itu, secara spesifikasi, truk punya tinggi 10.080 mm atau 10,0 m. Untuk kebutuhan bahan bakar, kapasitas tangki bbm dapat menampung 1308 liter. Lalu untuk oli yang dibutuhkan adalah 129 liter. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com