Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Subsidi Rp 6,5 Juta buat Motor Listrik Dapat Kritik dari DPR | Apakah Benar Innova Zenix Hybrid Bisa Berjalan Tanpa BBM?

Kompas.com - 09/12/2022, 06:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Tren kendaraan listrik di Indonesia terus didorong oleh pemerintah Indonesia agar lebih cepat terealisasi. Bahkan, belum lama ini pemerintah berencana memberikan subsidi sebesar Rp 6,5 juta bagi masyarakat yang membeli motor listrik.

Terkait hal tersebut, Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto mengusulkan pemerintah memberikan subsidi untuk pembelian kendaraan listrik produk Esemka.

Menurutnya, subsidi yang disalurkan akan bermanfaat bagi pengembangan industri otomotif dalam negeri.

Selain itu, Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid ternyata bisa dioperasikan tanpa bahan bakar minyak (BBM), karena memiliki dua sumber tenaga, yaitu motor listrik (baterai) dan mesin bakar.

Namun, kondisi tersebut tidak bisa berlangsung lama atau hanya sampai kondisi baterai habis saja. Hal ini, bisa dimanfaatkan pengemudi atau pemilik untuk mencari SPBU terdekat saat keadaan terdesak.

Mengingat kapasitas baterai di mobil hybrid sangat kecil bila dibanding kendaraan elektrifikasi lainnya yaitu plug-in hybrid (PHEV) dan mobil listrik murni.

 Baca juga: Menengok Pabrik Esemka di Boyolali, Apa Kabarnya?

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Kamis, 8 Desember 2022 :

1. Subsidi Rp 6,5 Juta buat Motor Listrik Dapat Kritik dari DPR

“Daripada mensubsidi pembelian motor dan mobil listrik buatan luar negeri, lebih baik Pemerintah mensubsidi pembelian mobil listrik Esemka. Itu barang bagus. Asli karya anak bangsa," kata Mulyanto dalam keterangan resmi, Kamis (8/12/2022).

Sekedar informasi, pada awal Februari 2021 lalu, PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) tengah menjajaki pengembangan mobil listrik. Mobil listrik Esemka itu akan dibangun dari basis yang sudah ada yaitu Esemka Bima.

Baca juga: Subsidi Rp 6,5 Juta buat Motor Listrik Dapat Kritik dari DPR

 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.