Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Subsidi Rp 6,5 Juta buat Motor Listrik Dapat Kritik dari DPR

Kompas.com - 08/12/2022, 06:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Tren kendaraan listrik di Indonesia terus didorong oleh pemerintah Indonesia agar lebih cepat terealisasi. Bahkan, belum lama ini pemerintah berencana memberikan subsidi sebesar Rp 6,5 juta bagi masyarakat yang membeli motor listrik.

Terkait hal tersebut, Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto mengusulkan pemerintah memberikan subsidi untuk pembelian kendaraan listrik produk Esemka.

Menurutnya, subsidi yang disalurkan akan bermanfaat bagi pengembangan industri otomotif dalam negeri.

Baca juga: Mooney VR46 Bantah Akan Tinggalkan Ducati Demi Yamaha

“Daripada mensubsidi pembelian motor dan mobil listrik buatan luar negeri, lebih baik Pemerintah mensubsidi pembelian mobil listrik Esemka. Itu barang bagus. Asli karya anak bangsa," kata Mulyanto dalam keterangan resmi, Kamis (8/12/2022).

Sekedar informasi, pada awal Februari 2021 lalu, PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) tengah menjajaki pengembangan mobil listrik. Mobil listrik Esemka itu akan dibangun dari basis yang sudah ada yaitu Esemka Bima.

Mulyanto juga minta pemerintah jangan melupakan keberadaan mobil Esemka. Sebab, mobil ini diperkenalkan dan dipromosikan langsung oleh Presiden Joko Widodo sehingga kondisi belum jadi saja sudah dipesan 60.000 unit.

“Masyarakat akan berbondong-bondong memenuhi dealer-dealer penjualan mobil Esemka di mana pun berada. Dulu saja, tanpa ada subsidi, pesanannya sudah mencapai 60.000 unit. Apalagi nanti kalau sudah diberi subsidi, saya perkirakan jumlah pesanannya bisa sampai tiga atau empat kali lipat,” kata Mulyanto.

Motor listrik di Satlantas Polrestabes SurabayaDok. NTMC Polri Motor listrik di Satlantas Polrestabes Surabaya

Menurut politisi Fraksi PKS tersebut, subsidi pembelian mobil listrik Esemka ini akan berdampak baik pertumbuhan ekonomi nasional. Hal tersebut lantaran jika makin banyak subsidi maka makin banyak orang yang pesan mobil Esemka, dan untuk ke depannya makin banyak pula tenaga kerja yang terserap.

“Ini akan menjadi momentum kebangkitan industri otomotif nasional. Dan sebagai anak bangsa, kita semua pasti akan dukung. Malaysia dan Vietnam saja bakal mental melihat perkembangan ini," kata Mulyanto.

Baca juga: 6 Ide Inovatif untuk Menekan Angka Kecelakaan Lalu Lintas

Sebelumnya, Mulyanto menilai program pemberian subsidi Rp 6,5 juta kepada masyarakat yang membeli motor listrik terlalu mengada-ada. Pemberian subsidi motor listrik, menurutnya, hanya akan menguntungkan pihak pengusaha, sedangkan masyarakat kecil tidak mendapat keuntungan apa-apa.

“Daripada menyubsidi pembelian motor dan mobil listrik lebih baik Pemerintah fokus membangun ekosistem green energy. Termasuk menyubsidi penyediaan sarana dan prasarana umum berbasis green energy. Kalau subsidi pembelian motor dan mobil listrik, hanya orang mampu yang bisa menikmati," kata Mulyanto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.