Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/12/2022, 08:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid ternyata bisa dioperasikan tanpa bahan bakar minyak (BBM), karena memiliki dua sumber tenaga, yaitu motor listrik (baterai) dan mesin bakar. 

Namun, kondisi tersebut tidak bisa berlangsung lama atau hanya sampai kondisi baterai habis saja.

Hal ini, bisa dimanfaatkan pengemudi atau pemilik untuk mencari SPBU terdekat saat keadaan terdesak. Mengingat kapasitas baterai di mobil hybrid sangat kecil bila dibanding kendaraan elektrifikasi lainnya yaitu plug-in hybrid (PHEV) dan mobil listrik murni.

"Mobil hybrid bisa dioperasikan tanpa bensin hanya sesaat. Sistem akan mengalihkan sumber tenaga ke motor listriknya saja sampai bahan bakar kembali terisi," kata Dealer Technical Supp Dept Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi kepada Kompas.com, Senin (28/11/2022).

Baca juga: 6 Ide Inovatif untuk Menekan Angka Kecelakaan Lalu Lintas

Toyota Kijang Innova Zenix HybridDok. TAM Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid

Untuk memantau seberapa lama mobil hybrid bisa dioperasikan tanpa BBM, pengendara bisa melihat indikator di layar MID mengenai presentase daya baterai utama. Saat terlihat bahwa baterai berada di level tertentu, mesin bakar yang sumber utamanya dari BBM akan aktif.

"Dalam keadaan normal setiap baterai menyentuh angka 40 persen, maka mesin bakar akan berkerja untuk mengisi daya baterai sekaligus mengambil alih membantu untuk menggerakkan kendaraan," kata Didi.

Meski begitu, ia menyatakankan bahwa pengemudi atau pemilik tak sepenuhnya mengandalkan fitur ini. Sebab ketika level daya baterai menyentuh 40 persen maka secara sistem mobil bakal mogok.

Ketika mobil mogok, sekalipun diisi BBM Innova Zenix Hybrid tidak akan menyala karena ada suatu sistem keamanan yang mematikan fungsi baterai. Sehingga cara satu-satunya agar mobil bisa beroperasi kembali dilakukan pengisian daya yang alatnya hanya dimiliki perseroan.

Baca juga: Sabuk Keselamatan Penumpang Bus Pariwisata Menjadi Urgensi

Toyota Kijang Innova ZenixKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Toyota Kijang Innova Zenix

“Bila, baterai mencapai minimum level mesin otomatis hidup, yaitu 40 persen, maka sistem akan meminta mesin untuk hidup guna mengisi daya baterai, kalau bensin habis, maka mobil akan mogok,” ucap Didi.

"Jika kejadian baterai hybrid habis atau kosong, harus dicharge dengan alat khusus yang sementara ini hanya dimiliki oleh TAM," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.