Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Nyaris Rp 3 Miliar, Intip Spesifikasi Mobil Listrik Mercedes-Benz EQS

Kompas.com - 08/12/2022, 16:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) hari ini menghadirkan lini kendaraan listrik pertamanya di Indonesia, Mercedes-Benz EQ, di Mercedes EQ-SPACE, Senayan City, Kamis (8/12/2022).

“Hari ini, di Mercedes EQ SPACE, telah hadir dua model pertama dari lini Mercedes-EQ di Indonesia yaitu the new EQS yang tersedia dalam dua varian yakni EQS 450+ AMG Line dan EQS 450+ Electric Art, dan the new EQE 350+ Electric Art. Kedua kendaraan ini akan membuka jalan untuk hadirnya model-model Mercedes-EQ lainnya di Indonesia,” ucap Choi Duk Jun, President Director PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia, Kamis (8/12/2022).

Baca juga: Mobil Listrik Mercedes-Benz Meluncur, Harga Mulai Rp 2 Miliaran

Bicara soal The New EQS merupakan pionir dari generasi kendaraan yang baru fully electric, fully digital and uncompromisingly luxurious.

Mobil listrik Mercedes-Benz EQSKompas.com/Nanda Mobil listrik Mercedes-Benz EQS

EQS hadir dalam dua varian yakni EQS 450+ Electric Line dan EQS 450+ AMG Line. Kedua model ini menjadi kendaraan listrik pertama dalam kelas mobil mewah dan setara dengan Mercedes-Benz S-Class.

Pada tampilan eksterior, mobil ini memiliki garis yang lebih minim dan transisi halus pada body yang terlihat aerodinamis.

Pada sektor pencahayaan dilengkapi dengan digital dengan 1,3 juta pixel per headlamp dan Ultra Range High Beam berjarak 650 meter yang dilengkapi dengan Adaptive High Beam Assist Plus.

Baca juga: Mobil Listrik Mercedes-Benz EQS 580 Meluncur, Harga Rp 2 Miliaran

Bagian interior EQS terlihat mewah berkat comfort leather seats dengan 4-way lumbar support, Thermotonic automatic climate control dengan 4 zona iklim, Active Ambient Lighting yang akan “menyapa” penumpang saat kendaraan dinyalakan.

Mobil listrik Mercedes-Benz EQSKompas.com/Nanda Mobil listrik Mercedes-Benz EQS

Tak hanya itu, mobil ini juga dilengkapi dengan bagasi luas dengan one-bow design, suspensi Airmatic, 4.5 degrees Rear-axle steering, dan panoramic sliding sunroof yang dapat dioperasikan dengan kendali suara.

Khusus untuk varian EQS 450+ AMG Line hadir lebih sporty dan mewah, dengan beberapa tambahan seperti MBUX Hyperscreen, unit layar melengkung yang menjangkau dari satu sisi ke sisi lainnya.

MBUX Hyperscreen terdiri dari tiga layar OLED berukuran 12,3 inci (layar pengemudi), 17,7 inci (layar tengah) dan 12,3 inci (layar penumpang depan).

Mobil listrik Mercedes-Benz EQSDok. MBDI Mobil listrik Mercedes-Benz EQS

Ketiga layar ini dilapisi oleh satu penutup kaca yang membuat ketiga layar tergabung menjadi satu.

Layar MBUX Hyperscreen merupakan layar glass display terbesar yang pernah ada di kendaraan Mercedes-Benz dan telah dilengkapi dengan kendali sentuh intuitif dengan haptic feedback dan force feedback.

Selain itu, varian AMG juga dibekali dengan Front bumber AMG dengan front splitter berwarna high-gloss chrome serta flic dan fin pada bagian pemasukan udara sebelah kiri dan kanan.

Roda AMG multi-spoke berbahan light-alloy dengan ukuran 21 inci (53,3cm) dan Setir mobil sport multifungsi berbahan nappa leather dengan bentuk flat bottom.

The new EQS dilengkapi dengan baterai yang memiliki daya sebesar 107,8 kWh, yang dapat menempuh jarak 770 km, jarak terjauh di antara kendaraan listrik di pasar Indonesia, dengan konsumsi daya listrik WLTP 20,4-15,7 kWh/100km.

Mobil listrik Mercedes-Benz EQE dan EQS resmi meluncurKompas.com/ApridaMegaNanda Mobil listrik Mercedes-Benz EQE dan EQS resmi meluncur

Menyoal pengisian daya, mobil ini membutuhkan waktu selama 10 jam menggunakan Wallbox 11 kW dan pengisian dari 10 persen ke 80 persen selama 45 menit menggunakan DC fast charging system.

Bicara soal fitur keamanan, mobil ini sudah dibekali dengan fitur-fitur canggih seperti Pre/safe System Distronic Active Distance Assist, dan Parktonic Active Parking Assist serta airbag di jendela dan tempat duduk belakang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com