Kompas.com - 19/11/2022, 11:22 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Beberapa daerah di Tanah Air saat ini sudah mulai sering diguyur hujan lebat. Tak jarang, pengendara mobil dan sepeda motor terperosok jalan berlubang

Selain berbahaya, hal tersebut juga berisiko menyebabkan kerusakan komponen kaki-kaki kendaraan. 

Khusus pada mobil, kerusakan kaki-kaki bisa di deteksi sumbernya, karena seperti pada umumnya, setir kendaraan akan mengalamai semacam getaran atau terdengar bunyi-bunyian suara asing. 

Kempes, Pemilik Bengkel Anugrah Abadi Karangawen mengatakan, saat banyak jalan berlubang dan tergenang air, karet-karet bushing kaki-kaki yang terletak di bagian kolong jadi rawan rusak. 

Baca juga: Ini Masalah yang Bikin Turbo pada Mesin Mobil Mudah Rusak

"Mobil yang sering digunakan melewati jalan-jalan rusak risiko kerusakan komponen kaki-kaki jadi meningkat. Suspensi depan, belakang, jika rusak laju mobil tak stabil dan seperti sulit dikendalikan," kata Kempes kepada Kompas.com, Sabtu (19/11/2022). 

Shockbreaker mobil menentukan kenyamanan selama perjalanan, termasuk handling dan pengendalian ysrndonesia Shockbreaker mobil menentukan kenyamanan selama perjalanan, termasuk handling dan pengendalian

Jika saat jalan kecepatan rendah mobil seperti mengeluarkan bunyi berdecit, artinya komponen yang dilengkapi shaft atau bearing sudah tergerus. 

Selanjutnya, jika sudah terlanjur oblak, komponen tersebut bisa mempengaruhi kerja beberapa komponen lainnya. 

"Komponen seperti ball joint, tie rod, jika rusak akan menimbulkan bunyi asing. Akan jauh lebih parah dan menimbulkan gejala seperti mobil tidak stabil," kata dia. 

Kerusakan tersebut menyebabkan laju mobil pada kecepatan tinggi jadi mudah oleng. Keduanya, sama-sama bekerja untuk menyeimbangkan bobot massa kendaraan di kedua sisi.

Saat jadi tumpuan beban keseluruhan, komponen yang rusak memindahkan beban berat ke komponen lainnya yang saling tersinkronisasi, hal itu membuat kerusakan menjalar. 

Baca juga: Apakah Benar Mobil Manual Lebih Irit dari Matik?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.