Kompas.com - 18/11/2022, 07:22 WIB

SEMARANG,KOMPAS.com - Transmisi kendaraan merupakan mekanisme kerja yang digunakan untuk menyalurkan tenaga mesin, termasuk mobil, sampai tersalurkan ke kedua roda penggerak. 

Ada dua model transmisi pada mobil, yakni matik yang menawarkan kemudahan operasional keseluruhan, dan model konvensional atau transmisi manual.

Khusus untuk manual, bekerja mengandalkan kontrol penuh pengemudi. Jadi, perpindahan gigi dilakukan dengan menyeimbangkan rasio gigi dan perpaduan kombinasi kopling yang seimbang. 

Baca juga: Menu SUV Murah di Bawah Rp 250 Juta November 2022

Sistem kendali keseluruhan di tangan pengemudi. Selain itu, transmisi manual dianggap lebih unggul dalam hal perawatan.

Posisi kaki kiri tengah menginjak kopling saat mengendarai mobil bertransmisi manual.Youtube/Maxresdefault Posisi kaki kiri tengah menginjak kopling saat mengendarai mobil bertransmisi manual.

 

Hal tersebut karena komponen-komponen yang digunakan jumlahnya lebih sedikit dibandingkan matik. Bahkan dari urusan perawatan jangka panjang juga diklaim lebih mudah lantaran tak membutuhkan perlakuan khusus. 

Lantas apakah benar-benar jika dipakai untuk operasional lebih menguntungkan? 

Kepala Bengkel Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto menjelaskan, banyak pemilik kendaraan membandingkan antara transmisi manual dan matik untuk mencari mana yang terbaik jika jadi armada operasional harian dilihat dari efisiensi bahan bakar

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Tak Boleh Asal Dorong Mobil Matik yang Mogok

Mengukur efisiensi bahan bakar tak bisa semudah itu, karena mempertimbangkan beberapa hal, baik itu kondisi arus lalu lintas dan kebiasaan berkendara. 

"Mobil manual sering dianggap irit karena bisa dikendalikan seluruhnya berdasarkan perintah pengendara. Jadi, komposisi injakan gas untuk mendapatkan torsi mesin yang tepat bisa di ukur sesuai kebutuhan. Komposisi udara dan bahan bakar yang seimbang bisa diatur dengan sendirinya menyesuaikan permintaan," kata Bambang kepada Kompas.com, Kamis (17/11/2022). 

Transmisi manual All New Isuzu D-MaxKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Transmisi manual All New Isuzu D-Max

Meskipun sama-sama mengandalkan sistem injeksi, mekanisme kerja transmisi manual seluruhnya bisa berubah-ubah secara periodik.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.