Apakah Ada Perbedaan Filter Oli Mesin Innova Diesel dan Bensin?

Kompas.com - 12/11/2022, 11:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil Toyota Innova dibekali dua pilihan mesin yang berbeda; mesin bensin dan diesel. Sehingga, rasa saat mengendarainya pun berbeda sesuai dengan karakter masing-masing mesin.

Selain karakter, tenaga serta torsi dari kedua mesin tersebut hasilnya berbeda karena bagaimanapun jenis bahan bakar yang digunakan juga berbeda.

Bahkan, beberapa komponen pada mesin Innova diesel dan bensin juga pasti berbeda seperti adanya busi dan tidak. Hanya saja, apakah hal itu juga berlaku pada filter oli mesin yang merupakan komponen sederhana sekali pun?

Baca juga: Pakai Filter Oli Palsu Bisa Bikin Mesin Jebol

Pergantian filter oli sesuai jadwal bisa dilakukan bersamaan ganti oli setiap 10 ribu kilometer Mobeng Indonesia Pergantian filter oli sesuai jadwal bisa dilakukan bersamaan ganti oli setiap 10 ribu kilometer

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota AStra Motor (TAM) Didi Ahadi, mengatakan untuk jenis mesin yang berbeda seperti Innova diesel dan bensin, filter oli mesinnya bisa saja berbeda atau sama.

“Untuk kedua mesin Innova diesel dan bensin, mungkin saja filter olinya berbeda karena melihat dari kode mesinnya saja berbeda, tapi bisa saja sama, yang paling penting dipastikan bentuknya secara langsung,” ucap Didi kepada Kompas.com, Selasa (8/11/2022).

Dia mengatakan bisa saja kode sparepart pada suatu mobil berbeda, tapi sebenarnya fisiknya sama seperti yang terjadi pada beberapa jenis filter oli mesin.

Baca juga: Cara Sederhana Bedakan Filter Oli Asli dan Palsu

Sementara itu, Technical Leader Nasmoco Demak Eko Sulistyo dan Kepala Bengkel Nasmoco Solo Baru Nyoman, mengatakan filter oli mesin Innova diesel dan bensin sama saja.

“Untuk filter oli mesin Innova diesel dan bensin sama saja,” ucap Eko dan Nyoman kepada Kompas.com, Selasa (8/11/2022).

Dia mengatakan konstruksi oli mesin Innova diesel dan bensin sama, sehingga filter oli tersebut bisa disubstitusikan.

Jadi, meski serial number atau nomor part filter oli Innova berbeda antara untuk mesin diesel dan bensin, sebenarnya keduanya merupakan part yang sama sehingga bisa disubstitusikan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.