Cara Sederhana Bedakan Filter Oli Asli dan Palsu

Kompas.com - 31/08/2020, 11:12 WIB
Ilustrasi filter oli mobil www.beyourcar.comIlustrasi filter oli mobil
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski kerap diacuhkan dan tak terlihat mata, tapi peran filter oli di dalam mesin tak bisa dianggap sebelah mata.

Fungsinya tak hanya menyaring kotoran seperti gram-gram dari gesekan komponen mesin serta karbon saja, tapi juga melindungi agar ruang mesin tetap bersih sehingga pelumas bisa bekerja maksimal.

Oleh sebab itu, penting untuk memastikan penggunaan filter oli yang orisinal agar kemampuannya dalam menyaring tak diragukan lagi.

Nah, lantaran saat ini banyak peredaran barang imitasinya, ada beberapa tips ringan yang bisa digunakan untuk mengenali mana yang asli dan palsu.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Oli Sintesis Tak Cocok untuk Mobil Lawas?

"Pada umumnya, secara bentuk itu tidak berbeda dengan yang asli, tapi detail material bahannya yang harus diperhatikan oleh konsumen," ucap Anjar Rosjadi, Service Part Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), kepada Kompas.com, Minggu (30/8/2020).

Ilustrasi filter oli mobilhttp://palumbosautomotive.com/ Ilustrasi filter oli mobil

"Dari segi material atau bahan, filter oli yang palsu umumnya lebih kasar. Bentuk atau pola pada filter juga tidak rapih bila dibandingkan yang asli punya," kata dia.

Sementara dari segi harga, sudah pasti akan ditawarkan lebih murah dibandingkan filter oli yang asli. Tapi yang harus diingat oleh konsumen adalah ada barang ada kualitas juga.

Baca juga: Cara Menggunakan Dipstick untuk Periksa Kondisi Oli Mobil

Ilustrasi filter oli mobilmymoto.com.ng Ilustrasi filter oli mobil

Tak hanya itu, dengan menggunakan suku cadang asli, konsumen juga diuntungkan dari beragam sisi. Pertama jaminan dalam menjaga ruang mesin, garansi dari bengkel resmi, sampai umur kendaraan yang lebih awet.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X