Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nostalgia Bus Jadul Piala Dunia 1974, Pakai Mercedes Benz O 302

Kompas.com - 12/11/2022, 08:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Piala Dunia 2022 sepakbola di Qatar akan segera berlangsung dalam waktu dekat. Nostalgia sedikit, pada Piala Dunia 1974 di Jerman Barat, Mercedes Benz menyediakan bus O 302 untuk setiap tim yang berlomba.

Dikutip dari Motor1, saat itu cuma ada 16 tim yang mengikuti turnamen dan semuanya mendapatkan unit bus spesial. Bus ini digunakan sebagai transport dan dicat dengan warna kuning ditambah warna dari bendera masing-masing negara.

Pada bagian dalam, Mercedes Benz melengkapi dengan fasilitas yang membuat pemain dan kru nyaman selama perjalanan ke stadion. Setiap bangkunya ada asbak, lalu ada mini bar di belakang dengan beer tap.

Baca juga: Bus Baru Travelink, Pakai Mercedes Benz OF 917 dan Bodi Single Glass

Bus tim Jerman Barat pada Piala Dunia 1974MOTOR1.COM Bus tim Jerman Barat pada Piala Dunia 1974

Bukan itu saja, bagian kabin dilengkapi dengan sistem audio dari Blaupunkt dengan dek penuh kaset. Selain itu, dipasang juga AC demi kenyamanan tim dan pemain selama perjalanan.

Untuk bagian kabinnya, memakai corak yang bergaya 1970-an, kombinasi bahan fabric warna merah dan oranye dengan cover kain putih. Berdasarkan informasi dari Mercedes, ada tanda tangan semua pemain dari Jerman Barat yang memenangkan Piala Dunia 1974.

Baca juga: Mengecas Toyota bZ4X di Rumah Butuh Daya Minimal 3.500 Watt


Untuk bus Piala Dunia 1974 yang dipajang di Mercedes Museum bukan lah orisinal tapi replika. Hal ini dikarenakan setelah selesai Piala Dunia, bus digunakan sebagai armada regular, jadi sulit mencari mana yang benar-benar bekas digunakan tim saat itu.

Mercedes memperkenalkan bus O 302 di awal 1965 dan diproduksi lebih dari 32.000 unit. Saat itu customer bisa memilih mesin empat atau enam silinder diesel dengan tenaga 125 TK atau 236 TK. Suspensi udara jadi standar untuk model 1971 karena sebelumnya cuma jadi opsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com