Kompas.com - 12/11/2022, 10:42 WIB

SOLO, KOMPAS.com - Mobil Innova diesel banyak diandalkan oleh masyarakat. Salah satu alasannya adalah memiliki mesin yang tangguh dan irit konsumsi bahan bakar.

Sejak awal kemunculannya pada tahun 2004 Innova diesel menggunakan mesin 2KD-FTV hingga pada generasi ke-3 sebelum Innova reborn hadir dengan mesin 2GD-FTV.

Ada yang menarik untuk disimak dari perjalanan ubahan mesin Innova diesel dari generasi ke generasi. Seperti yang terjadi pada generasi ke-2 tahun 2010 dan generasi ke-3 2013.

Baca juga: Penampakan Toyota Innova Zenix Hybrid Lengkap dengan Sunroof

Body kit Toyota Innova Reborn - Fiar DesignCHANUT WANNASARNMETHA Body kit Toyota Innova Reborn - Fiar Design

Kepala Bengkel Nasmoco Solo Baru Nyoman, mengatakan mesin yang digunakan pada Innova diesel tahun 2010 dan 2013 sama.

“Innova diesel tahun 2010 dan 2013 menggunakan mesin yang sama dengan kode 2KD-FTV,” ucap Nyoman kepada Kompas.com, Selasa (8/11/2022).

Dia mengatakan mesin yang digunakan pada Innova diesel pada tahun tersebut masih sama.

Baca juga: Jenis Bahan Bakar Apa yang Disarankan untuk Innova Reborn Diesel?

Innova diesel bekas, harga dibawah Rp 200 juta Dicky Aditya Wijaya Innova diesel bekas, harga dibawah Rp 200 juta

Sementara itu, Technical Leader Nasmoco Demak Eko Sulistyo mengatakan meski mesin yang digunakan sama, ada beberapa sisi yang berbeda dari desain serta tingkat kepresisiannya.

“Mesin yang dipakai masih sama ya antara Innova diesel 2010 dan 2013, jika dilihat secara lebih teliti, perbedaannya ada di sensor udara masuknya,” ucap Eko kepada Kompas.com, Selasa (8/11/2022).

Dia mengatakan sensor udara yang disematkan pada Innova diesel tahun 2013 memiliki sensor udara masuk yang lebih akurat.

Baca juga: Minat Innova Bensin, Cek Komponen Ini Sebelum Beli Bekasnya

“Manifold Absolute Pressure, dia mengukur tekanan udara dalam intake manifold, nah pada Innova diesel 2013 ini sensornya sudah diperbarui, menjadi lebih akurat dalam mengukur jumlah udara yang masuk,” ucap Eko.

Dia mengatakan, dengan jumlah udara yang terukur dengan lebih presisi maka harapannya campuran bahan bakar dan udara menjadi lebih pas sehingga mesin mampu menghasilkan tenaga yang lebih optimal.

Jadi, mesin yang digunakan Innova diesel tahun 2010 dan 2013 masih satu tipe, tapi ada pembeda pada sensor udara masuknya. Sehingga, hal tersebut cukup dapat mempenvgaruhi tenaga yang dihasilkan mesin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.