Kompas.com - 11/11/2022, 18:31 WIB

SEMARANG,KOMPAS.com - Populasi mobil bermesin diesel di Tanah Air cukup tinggi. Banyak yang menganggap tenaganya lebih besar dan efisien dalam hal bahan bakar. 

Meski demikian, hingga sekarang penyakit masuk angin bawaan mesin diesel masih jadi momok sebagian pemilik. 

Terlebih saat musim hujan, banyak spekulasi yang beredar mesin diesel jadi lebih cepat masuk angin karena suhu udara dingin. 

Kempes, Pemilik Bengkel Anugrah Abadi Karangawen mengatakan, proses kondensasi bahan bakar di tangki memicu uap air. 

Baca juga: Impresi Berkendara Harian Suzuki S-Presso di Dalam Kota

Innova diesel modifikasi Gerobakbalap.id Innova diesel modifikasi

"Gelembung udara basah karena cuaca dingin musim hujan mempercepat proses alamiah kondensasi. Tingginya kadar air juga sangat besar pengaruhnya saat proses kompresi berjalan," kata Kempes kepada Kompas.com, Jumat (11/11/2022). 

Hal itu memperparah proses kompresi bahan bakar. Kempes menjelaskan, udara yang mengandung air mengganggu sistem pembakaran karena membuat kalkulasi hitungan kebutuhan ruang bakar kacau. 

Mesin akan menghisap udara yang masuk sampai benar-benar bersih. Artinya kosong, karena tidak ada pasokan bahan bakar yang masuk. 

"Saat posisi tangki bahan bakar menyisakan ruang kosong, udara masuk dan dengan sendirinya berusaha mencari jalan keluar hingga terbawa sampai ruang bakar. Kemudian, saat mesin dinyalakan tekanan yang terjadi sifatnya hanya mendorong angin palsu tersebut keluar hingga mesin mendapatkan pasokan bahan bakar yang sesuai," kata dia. 

Baca juga: Mitos atau Fakta, Berkendara dan Isi Bensin Saat Hujan Bisa Lebih Irit?

Kasus berikutnya, ada udara yang gagal terkompresi dan terjebak di saluran bahan bakar. Hal ini lebih parah, Kempes mengatakan, mesin mobil bisa hidup namun memicu masalah lain. 

Tarikan mesin berat dan konsumsi bahan lebih bakar boros dari biasanya. Gejalanya mirip seperti mobil kehilangan kompresi, bahkan bisa menyebabkan mobil mogok tiba-tiba. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.