Kompas.com - 11/11/2022, 18:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bicara soal bus antar kota, memang sudah hadir di Indonesia sejak lama. Bahkan masih ada Perusahaan Otobus (PO) yang masih bertahan hingga sekarang, melayani banyak orang pergi ke luar kota.

Pada akun Tiktok Explore Bus Lovers, ditampilkan berbagai bus malam era 1980-1990an. Bus-bus seperti Bali Indah, Tunggal Dara, Timbul Jaya, Rosalia Indah, Continental, Jaya Utama, Santoso, Giri Indah, Sumber Alam, dan masih banyak lagi diperlihatkan.

Secara tampilan bus, memang bodinya masih tampak jadul, tapi itu sudah modern di zamannya. Selain itu, layanan yang diberikan pada penumpang bus saat itu juga sudah cukup banyak.

Baca juga: Mengapa Bangku Penumpang Bus Paling Depan Disebut Hot Seat?

@explorebuslovers ?? Kenangan Po Bus Lawas Th 80-90 an #busjadul #buslawas #nostalgia90an #explorebuslovers ? Resepsi - Budi Utomo

 

Menurut AM Fikri, Pengamat Transportasi Bus di Indonesia, soal layanan yang diberikan dari PO ke penumpang saat zaman dulu dengan sekarang tidak banyak berubah, tetap nyaman.

"Enggak ada yang signifikan berubah, ada layanan AC, reclining seat, selimut, bantal, snack, dan makan gratis sekali atau dua kali tergantung jarak," ucap Fikri kepada Kompas.com, Jumat (11/11/2022).

Bedanya, zaman dahulu untuk AKDP atau jarak dekat memang masih banyak yang belum menggunakan AC. Tetapi untuk AKAP, sejak tahun 1990an sudah ada kelas AC Ekonomi, terutama di Jawa Timur.

Baca juga: Toyota Ungkap Penyebab Harga bZ4X Tembus Rp 1 Miliar


"Untuk tahun 1980an, bus AC, reclining seat, toilet lengkap dengan bantal-selimut sudah ada. Tapi untuk fasilitas snack atau makan malam bervariasi, ada yang sudah termasuk (tiket) ada yang belum," ucap Fikri.

Misal, untuk bus zaman dulu yang super eksekutif dengan bangku 2-1, sudah lengkap servis yang diberikan ke penumpang, dari snack sampai makan. Tapi untuk bus sekarang, kebanyakan sudah memberi servis makan termasuk harga tiketnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.