Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marc Marquez Jajal Motor RC213V-S Pakai Biofuel

Kompas.com - 11/11/2022, 16:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Crash.net


VALENCIA, KOMPAS.com - Juara dunia MotoGP enam kali Marc Marquez menguji bahan bakar biofuel pertama kali menggunakan motor Honda RC213V-S dan menyelesaikan 12 lap di sirkuit Jarama-RACE Madrid.

Marquez menguji motor menggunakan biofuel Repsol untuk merasakan perbedaan antara bahan bakar yang terbuat dari limbah dengan yang biasa digunakan di mesin MotoGP saat ini.

Tes ini penting sebab biofuel sendiri akan mulai dipakai di MotoGP pada musim 2027 dengan tujuan untuk mengurangi emisi CO2.

Baca juga: Jangan Ditiru, Aksi Wheelie Toprak di Jalan Raya Berbahaya

Pebalap Repsol Honda Marc Marquez berbicara dalam sesi konferensi pers setelah balapan MotoGP Australia, 16 Oktober 2022. Terkini, Marc Marquez bersama para pebalap yang lain akan melakoni seri terakhir MotoGP Valencia 2022. Pada seri terakhir ini akan ditentukan juara dunia MotoGP, antara Francesco Bagnaia (Ducati) dan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha).AFP/GLENN NICHOLLS Pebalap Repsol Honda Marc Marquez berbicara dalam sesi konferensi pers setelah balapan MotoGP Australia, 16 Oktober 2022. Terkini, Marc Marquez bersama para pebalap yang lain akan melakoni seri terakhir MotoGP Valencia 2022. Pada seri terakhir ini akan ditentukan juara dunia MotoGP, antara Francesco Bagnaia (Ducati) dan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha).

Usai tes, Marquez mengatakan tidak ada perbedaan antara bahan bakar standar dan bahan bakar nabati. Artinya secara kualitas menurut Marquez sama saja, motor tetap mengeluarkan performa terbaik.

“Ini adalah tes yang positif, karena saya merasa baik dan saya tidak melihat perbedaan saat menggunakan biofuel, yang pada akhirnya adalah tujuannya, untuk mempertahankan tingkat performa yang tinggi,” kata Marquez mengutip Crash.net, Jumat (11/11/2022).

Baca juga: Toyota Prediksi Inden bZ4X Bakal Mengular

Marc MarquezFoto: Twitter Marc Marquez Marc Marquez

“Ketika Repsol mengeluarkan produk itu pasti sudah diuji dengan baik, tetapi selalu penting untuk mengujinya di trek, untuk memeriksa bahwa hasilnya tidak berubah karena hal-hal seperti kelembaban atau suhu, yang merupakan variabel yang dapat memengaruhi performa," kata dia.

Marquez mengatakan, tim bertukar informasi sebanyak mungkin mengenai biofuel.

“Kami bertukar informasi, sehingga apa yang diuji di pusat pengujian sesuai dengan apa yang terjadi di lintasan," kata Marquez.

Baca juga: Skema Kredit Toyota bZ4X, Cicilan Mulai Rp 19 Jutaan

Biofuel yang dihasilkan dari limbah kayu, dipakai sebagai campuran avtur di pesawat Alaska Airlines.Blog Alaska Airlines Biofuel yang dihasilkan dari limbah kayu, dipakai sebagai campuran avtur di pesawat Alaska Airlines.

Di sisi lain, bicara soal motor 2023, pebalap asal Spanyol itu mengatakan bahwa RC213V yang sekarang belum siap digunakan untuk merebut gelar juara dunia MotoGP. Masih ada peningkatan yang harus dilakukan di beberapa bagian.

Untuk bisa memperbaiki kelemahan RC213V di musim 2022, Honda bahkan sampai menyiapkan tiga motor untuk diuji oleh Marquez. Tapi, Marquez juga hanya melakukan 50 lap.

"Kami hanya menguji motor prototype. Motor ini memiliki aerodinamika yang baru, mesin yang sama dengan ubahan kecil dan sasis berbeda. Itu saja," ujar Marquez, dikutip dari Speedweek.com, Kamis (10/11/2022).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Crash.net
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com