Kompas.com - 11/11/2022, 15:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Asap yang keluar dari knalpot mobil, sering dianggap sebagai informasi adanya perubahan kompresi ruang bakar. 

Dari warnanya, bisa dijadikan patokan mengetahui adanya masalah. Jika asap putih biasanya menggambarkan adanya kandungan oli yang terbakar. 

Sementara itu, asap yang berwarna kehitaman bisa menunjukkan perubahan kompresi yang disebabkan komposisi udara dan bahan bakar tidak seimbang. 

Meski begitu, saat cuaca dingin sering menemukan mobil jenis tertentu mengeluarkan asap putih. Lantas apakah sama masalahnya seperti umum?

Baca juga: Impresi Berkendara Harian Suzuki S-Presso di Dalam Kota 

Kepala Bengkel Nissan Setyabudi Semarang Andika Herda Permana menjelaskan, beda jenis, asap knalpot yang keluar saat udara dingin memberikan penjelasan bahwa sistem kompresi baik-baik saja. 

Layanan uji emisi gratis bagi kendaraan roda empat berbahan bakar bensin dan solar, digelar di kawasan CNi, Kembangan, Jakarta Barat, pada Selasa (5/7/2022).Kompas.com/MITA AMALIA HAPSARI Layanan uji emisi gratis bagi kendaraan roda empat berbahan bakar bensin dan solar, digelar di kawasan CNi, Kembangan, Jakarta Barat, pada Selasa (5/7/2022).

"Normal, itu artinya komposisi udara dan bahan bakar padat. Pembakaran bagus dan celah-celah antar komponen masih rapat," kata Andika kepada Kompas.com, Jumat (11/11/2022). 

Asap yang keluar tersebut biasanya kaya kandungan uap air, sisa proses kerja ruang bakar. Karena pembakaran berjalan sempurna, suhu kerja di ruang bakar sangat dingin. 

Gas buang yang dihasilkan berubah jadi uap air, hal ini akan berlangsung singkat sebelum mesin berpacu putaran tinggi. 

Baca juga: Benarkah Bensin Gampang Basi Saat Suhu Udara Dingin?

"Akan hilang sendirinya mengikuti putaran mesin (rpm). Itu juga menggambarkan secara rinci seluruh komponen mekanis sehat dan siap bekerja maksimal," kata dia. 

Keluarnya uap bisa juga berasal dari air yang terperangkap di pipa knalpot. Dorongan tenaga mesin membuat air terbuang keluar bersama sisa pembuangan.  

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.