Kompas.com - 11/11/2022, 14:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengusung mesin K10B DOHC tiga silinder dengan kapasitas 998 cc, soal performa ternyata Suzuki S-Presso tak jauh berbeda dengan Karimun Wagon R.

Berdasarkan data di atas kertas, mesin yang digunakan S-Presso mampu menyuplai tenaga sebesar 67 tk pada 5.500 rpm dan torsi 90 Nm di 3.500 rpm.

Dari hasil pengalaman redaksi membawa S-Presso selama beberapa hari, untuk putaran bawahnya masih cukup diandalkan untuk sebuah city car tiga silinder bermesin 1.000 cc tanpa turbo.

Baca juga: Kupas Desain S-Presso, Mobil Termurah Suzuki Bernuasa Mini SUV

Hal ini memberikan kesan S-Presso masih sangat nyaman digunakan mendukung mobilitas di dalam kota yang banyak menghadapi kondisi stop n go.

Suzuki S-PressoKOMPAS.com/Adityo Wisnu Suzuki S-Presso

Dengan radius putar yang pendek serta kemudi yang sudah dilengkapi power steering, harus diakui S-Presso lumayan gesit dan lincah untuk penggunaan perkotaan.

Namun lain cerita pada putaran atas. Saat melintasi jalan tol dan pedal gas ditekan lebih dalam, butuh waktu untuk mencapai kecepatan 100 kpj.

Tarikannya sedikit berat, apalagi adanya sensasi khas transmisi auto gear shift (AGS) yang membuat putarannya terasa tertahan.

Baca juga: Skema Kredit Toyota bZ4X, Cicilan Mulai Rp 19 Jutaan

 

Karena itu, bila ingin lebih maksimal merasakan tenaganya, lebih baik geser tuas transmisi ke posisi manual.

Suzuki S-PressoKOMPAS.com/Adityo Wisnu Suzuki S-Presso

Suara dan getaran dari mesin ketika lajunya dipacu lebih kencang juga cukup terasa. Hal ini mungkin menjadi salah satu yang sangat mengganggu kenyamanan.

Menariknya, dengan kapasitas mesin yang kecil, S-Presso masih mampu diajak melewati tanjakan landai berisi empat penumpang ketika redaksi membawanya ke daerah Sentul, Jawa Barat.

Karakter suspensi S-Presso sebagai city car hampir serupa dengan Wagon R. Tak ada masalah ketika melewati jalan aspal, tapi guncangannya terasa saat melintasi medan yang sedikit rusak dengan kecepatan di bawah 30 kpj.

Baca juga: Seberapa Nyaman Kabin Suzuki S-Presso?

Dari hasil pengujian beberapa hari, dengan tenaga dan handling yang tak terlalu mengecewakan, Suzuki S-Presso masih memungkinkan dijadikan pilihan bagi konsumen yang lebih mementingkan sisi fungsi.

Suzuki S-PressoKOMPAS.com/Adityo Wisnu Suzuki S-Presso

Apalagi ditambah dengan harga yang kompetitif, yakni Rp 164 juta untuk versi AGS, dibandingkan LCGC, S-Presso masih memiliki daya tarik dari segi desain dan fungsi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.