Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modal Bersaing Kia Seltos Turbo yang Meluncur di GIIAS 2024

Kompas.com - 26/07/2024, 14:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

TANGERANG, KOMPAS.com - Ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 dimanfaatkan PT Kreta Indo Artha (KIA) selaku pemegang merek Kia di Indonesia untuk meluncurkan Kia Seltos facelift.

Mobil yang bermain di segmen sport utility vehicle (SUV) ringkas ini hadir dengan beberapa penyegaran dari model awal yang diperkenalkan untuk pasar Indonesia pada 2022 lalu.

Sentuhan baru yang diterapkan pada SUV asal Korea Selatan ini mulai dari visual eksteriornya, tambahan fitur yang lebih modern, sampai mesin turbo yang lebih bertenaga. Kia Seltos facelift tersedia dalam dua pilihan varian mesin, yakni Premiere 1.5 Turbo dan Premiere 1.5 N/A yang dapat mulai dipesan di GIIAS 2024.

Tampilan fresh dan stylish Kia Seltos facelift dihadirkan melalui model Tiger Nose Grille baru yang membuat visualnya lebih modern, lengkap bersama headlamp LED Star Map Lighting, pelek 17 inci dengan desain anyar, dan ban 215/60.

Baca juga: Membandingkan MG ZS EV dengan BYD Atto 3

Sentuhan premium ikut dihadirkan pada sisi interior melalui kehadiran Panoramic Sunroof yang memberikan kesan lebih lapang. Perubahan lain yang diberikan adalah Panoramic Wide Display yang terdiri dari layar instrument full digital 10,25 inch dengan layar infotainment berdimensi 10,25 inch.

Kia Seltos facelift juga memiliki Head Up Display sebagai sarana informasi tambahan yang memudahkan penggunanya ketika sedang berkendara. Selain itu, masih ada fitur 8-way adjustable power driver seat dengan front ventilated seat, dual zone auto climate control, wireless charging, dan electric parking brake.

Kia Seltos Turbo GIIAS 2024KOMPAS.com/Adityo Wisnu Kia Seltos Turbo GIIAS 2024

Masuk ke sektor dapur pacu, untuk varian 1.5 Turbo dengan mesin Smartstream G 1.5 T-GDI, memiliki tenaga sebesar 160 Ps atau setara 157 Tk dan torsi 253 Nm. Transfer tenaga ke roda dilakukan via transmisi Dual Clutch 7-percepatan yang menawarkan sensasi berkendara layaknya mobil sport.

Sementara untuk varian Premiere dengan mesin 1.500 cc N/A bensin, memiliki tenaga yang lebih kecil, yakni 115 Ps atau 113 Tk dan torsi 144 Nm dengan transmisi IVT 8-percepatan.

Baca juga: Nissan Serena Terbaru Tinggalkan Kesan Boros, Ini Alasannya

Menjadi varian tertinggi, Kia Seltos 1.5 Turbo ikut dilengkapi Advanced Driver-Assistance Systems (ADAS) sebagai teknologi asistensi berkendara dan keselamatan aktif yang terdiri dari beberapa fitur.

Dari Smart Cruise Control with Auto Stop and Go, Forward Collision Avoidance Assist with Junction Turning, Lane Keeping Assist, Lane Following Assist, Blind Spot Collision Avoidance Assist, Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist, Manual Speed Limit Assist, High Beam Assist, Safe Exit Warning, dan Driver Attention Warning.

Kia Seltos Turbo GIIAS 2024KOMPAS.com/STANLY RAVEL Kia Seltos Turbo GIIAS 2024

Jumlah fitur ADAS yang dimiliki Seltos baru juga lebih banyak dibanding teknologi Honda Sensing pada HR-V Turbo yang terdiri dari Road Departure Mitigation System (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC) with Low Speed Follow, Lane Keeping Assist System (LKAS), Auto High-Beam, Lead-Car Departure Notification System (LCDN).

"Sejak pertama kali hadir, Kia Seltos telah menjadi pionir compact SUV yang dilengkapi dengan fitur berkendara dan mengadopsi mesin turbo sebagai jantung pacunya. Hal tersebut tetap kami pertahankan di versi penyegarannya yang kini hadir dengan pilihan mesin 1.500cc dan 1.500cc turbo dan sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan aktif ADAS serta beragam fitur penunjang kenyamanan yang modern," ujar Marketing & Development Division Head PT KIA Ario Soerjo, dalam keterangan resminya beberapa waktu lalu.

Baca juga: Suzuki Fronx Siap Meluncur di Jepang Agustus 2024

Kia Seltos Turbo GIIAS 2024KOMPAS.com/Adityo Wisnu Kia Seltos Turbo GIIAS 2024

Kia Seltos facelift tersedia dalam lima pilihan warna yakni Aurora Black Pearl, Gravity Gray, Sparkling Silver, Glacier White Pearl, dan Pewter Olive. Sedangkan untuk harga, versi turbo dipasarkan Rp 525 juta dan yang non-turbo Rp 425 juta on the road (OTR) Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau