Kompas.com - 11/11/2022, 17:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Setelah berkendara di musim hujan, banyak perubahan disebabkan karena faktor cuaca.

Banyak pemilik kendaraan yang tak sadar beberapa komponen kendaraan bisa mengalami proses kerja yang berbeda dari sebelumnya. 

Khusus komponen mesin, suhu udara dingin menghasilkan kompresi pengapian yang lebih efisien. Tenaga mesin yang keluar bisa lebih besar.

Namun bedanya, durasi waktu proses kompresi mesin bisa otomatis lebih lama karena adaptasi komponen mekanis merespon udara dingin. 

Baca juga: Mitos atau Fakta, Berkendara dan Isi Bensin Saat Hujan Bisa Lebih Irit?

Kepala Bengkel Nissan Setyabudi Semarang Andika Herda Permana mengatakan, udara dingin yang terhisap masuk ruang bakar menciptakan komposisi ideal campuran udara dan bahan bakar yang padat. 

Ilustrasi isi BBM PertamaxKOMPAS.com/STANLY RAVEL Ilustrasi isi BBM Pertamax

"Beda saat cuaca panas, sistem kompresi ruang bakar mesin membutuhkan suhu udara dingin untuk memicu pembakaran yang sempurna," ujar Bambang kepada Kompas.com, Jumat (11/11/2022).

"Sebaliknya, saat cuaca dingin komposisi udara yang masuk bisa merubah kebutuhan kompresi mesin, udara yang dingin meningkatkan daya ledak. Kebutuhan bahan bakar bisa ditekan seminimal mungkin karena celah kosong di ruang bakar tertutup sempurna," katanya. 

Komponen mekanis mesin otomatis menyesuaikan perubahan suhu. Hal ini pun masih dikategorikan sebagai proses alamiah karena pengaruh cuaca dan iklim. Penyusutan komponen logam bisa memaksimalkan tenaga mesin untuk bekerja sejak pertama kali mesin dihidupkan. 

Baca juga: Impresi Berkendara Harian Suzuki S-Presso di Dalam Kota

Hanya saja, menurut Bambang, ritme timing pengapian mesin bisa terpengaruh suhu yang ekstrem. Suhu kerja ideal mesin akan lebih lama jika benar-benar diperhatikan. 

Ilustrasi air keluar dari lubang knalpot() Ilustrasi air keluar dari lubang knalpot

"Bisa mundur sepersekian detik saat mobil ada di daerah tropis dengan suhu rata-rata berkisar 15 - 20 derajat celcius. Misalnya, seperti biasanya saat pertama kali starter mesin siap digunakan setelah 1 menit, karena cuaca dingin tersebut bisa jadi lebih lama," terangnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.