Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Bakal Pasang Stasiun Pengisian Mobil Listrik di Setiap Diler

Kompas.com - 11/11/2022, 14:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Indonesia nampaknya mulai serius untuk menyambut era elektrifikasi di Tanah Air. Hal ini dibuktikan dengan peluncuran mobil listrik murni bZ4X pada Kamis (10/11/2022).

Sejalan dengan diluncurkannya bZ4X di Indonesia, Toyota juga berkomitmen untuk menyediakan berbagai infrastruktur kendaraan listrik pada tahun depan.

“Infrastruktur menjadi hal yang paling penting terutama untuk kami Toyota. Ketika kita launching produk, kita ingin pastikan infrastruktur yang diterima pelanggan itu cukup. Jadi diler kita akan dilengkapi dengan charging station di setiap cabangnya tetapi kita memang akan bertahap mengikuti dari populasi bZ4X,” ucap Henry, di sela-sela peluncuran Toyota bZ4X, Kamis (10/11/2022).

Baca juga: Toyota Prediksi Inden bZ4X Bakal Mengular


Henry melanjutkan, pembangunan infrastruktur tersebut ditargetkan akan selesai hingga akhir tahun 2023.

“Target kita di akhir tahun depan semua cabang akan memiliki charger untuk mendukung konsumen sekitar 300 lebih cabang itu. Tapi itu bertahap bertahap mengikuti populasi konsumen pembeli dari bZ4X ini,” kata dia.

Sebagai informasi, saat ini Toyota memiliki 356 diler resmi yang tersebar di seluruh Indonesia. Lebih lanjut lagi, Henry menjelaskan bahwa tipe charger yang akan disediakan di diler Toyota merupakan tipe AC (normal charging). Sementara untuk DC (fast charging) akan dipasang di area publik.

Port charging Toyota bZ4XKompas.com Port charging Toyota bZ4X

“Yang kita sediakan di dealer-dealer itu kebanyakan untuk yang AC, tetapi AC ini cukup cepat untuk mengisi daya. Tetapi yang DC juga akan kita persiapkan terutama di tempat-tempat umum seperti mall,” kata Henry.

Baca juga: Skema Kredit Toyota bZ4X, Cicilan Mulai Rp 19 Jutaan

“Kemudian yang kedua karena bZ4X bisa dipakai untuk 500 Km, kita akan pasangkan sesuai dengan infrastruktur jalan tol yang sudah sangat baik. Jadi kita juga berencana untuk menaruh charging station yang fast charging di beberapa titik di jalan tol Trans Jawa,” lanjutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com