Pemasangan Bodycam di Baju Polisi untuk Menertibkan Lalu Lintas

Kompas.com - 29/09/2022, 06:22 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com -
Korlantas Polri berencana akan memasang kamera badan alias bodycam pada baju dinas polisi lalu lintas untuk tugas operasional Turjawali.

Alat ini rencananya akan diintegrasikan dengan E-TLE untuk mengurangi kontak langsung pelanggar yang rawan dengan perdebatan atau penyimpangan. Selain itu, alat ini dapat membantu mempermudah penangan kecelakaan lalu lintas.

Pemerhati masalah transportasi dan Hukum Budiyanto mengatakan jika kamera portable yang dipasang pada saku baju dinas Polantas jika alat secanggih apapun tidak akan efektif jika belum ada kesadaran dari masyarakat itu sendiri.

Baca juga: Canggih, Ini Fitur Lengkap Kamera Badan di Polisi Lalu Lintas


“Semua akan kembali kepada manusianya sehingga perlu diimbangi atau dibangun suatu sistem kontrol atau pengawasan yang memadai sehingga alat tersebut dapat bekerja secara efektif untuk membantu tugas- tugas Polantas secara keseluruhan,” kata Budiyanto kepada Kompas.com, Kamis (29/9/2022).

Saat ditilang, kita perlu mengetahui hal-hal yang dasarnya.Kompas Automotif Saat ditilang, kita perlu mengetahui hal-hal yang dasarnya.

Menurut Budiyanto, apabila ada oknum yang kurang bertanggung jawab bisa saja alat tersebut dimatikan supaya tidak terkoneksi dengAN E-TLE atau Back Office sehingga tidak terpantau.

Baca juga: Datang ke IEMS 2022, Bisa Coba Langsung Kendaraan Listrik

Maka dari itu, sistem pengawasan yang dibangun perlu diimbangi dengan pengawasan yang dibangun dengan bantuan teknologi. Serta pengawasan secara langsung dilapangan secara berjenjang. 

“Kelemahan manajemen operasional dalam bidang apapun pada umumnya terletak pada bidang kontrol atau pengawasan,” kata Budiyanto.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.