Bus Baru PO SAN Pakai Power Window, Opsi Baru dari Laksana

Kompas.com - 28/09/2022, 19:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PO Siliwangi Antar Nusa (SAN) baru saja mengambil bus baru dari Karoseri Laksana. Keempat bus tersebut memakai bodi Legacy SR3 Panorama XHD Ultimate.

Selain bodi bus yang baru, PO SAN juga memakai opsi lain, yakni kaca pengemudi yang elektrik atau power window. Jadi fitur yang biasanya ada di mobil penumpang, kini dibawa Karoseri Laksana ke unit bus.

Kurnia Lesani Adnan, Direktur Utama PO SAN mengatakan, alasan power window digunakan pada bus miliknya adalah agar memudahkan pengemudi saat mau bayar tol atau kegiatan lainnya.

Baca juga: Mercedes Benz Dukung Karoseri Lokal Produksi Bodi Bus Listrik

"Pakai power window agar pengemudi lebih leluasa. Kalau model kaca geser, relatif kecil (ukurannya) dan banyak kesulitan menurut saya," ucap pria yang akrab disapa Sani kepada Kompas.com, Rabu (28/9/2022).

Selain itu, menurut Sani kaca geser ada beberapa kekurangan. Misal kalau sudah lama, rel jadi aus dan membuat kaca oblak sehingga berisik saat jalan dan rawan air masuk atau bocor.

"Adapun saat baru relnya masih seret dan saat mau dibuka dalam kondisi terburu-buru sering handle-nya patah bahkan kacanya pecah," ucap Sani.

Baca juga: Penjualan Mobil Listrik Toyota Naik 40 Persen di Tahun Ini

Jadi dengan memakai power window, pengemudi juga harus menyesuaikan kebiasaan. Sehingga ketika dipakai, motor listrik untuk power window bisa awet dan berfungsi dengan baik.

Sisi lain menurut Sani pertimbangan memakai opsi power window adalah tampilannya yang keren. Tapi itu sebenarnya bukan yang utama, karena tentu fungsionalitas yang paling penting.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.