Kompas.com - 27/09/2022, 15:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Seorang YouTuber asal China dengan nama channel Wheels Boy punya proyek luar biasa. Dia mengubah Volkswagen Lamando L jadi superlebar, hampir 3 meter total lebarnya.

Dikutip dari Motor1.com, Selasa (27/9/2022), proyek tersebut diberi nama Lamando 5XL. Pengerjaannya terkesan sederhana, mobil dipotong tepat di bagian tengah, lalu ditambah pelat besi agar lebih lebar.

Baca juga: VW Ini Jadi Pemenang Kontes Modifikasi Hot Wheels Tour Indonesia

Namun, jika diperhatikan, sebenarnya cukup rumit. Sebab, banyak bagian yang diubah, seperti kap mesin, grille, atap, buritan, dan bagian as roda, termasuk interiornya.

Modifikasi VW Lamando L super lebarDok. Wheels Boy Modifikasi VW Lamando L super lebar

Untuk kaca jendela, pemiliknya mengandalkan akrilik, baik pada kaca depan, belakang, hingga panoramic roof. Membuatnya dengan kaca asli tentu akan sangat memakan biaya.

Kap mesin dibuat lebar dan ditahan dengan hidrolik. Pastinya, jadi lebih berat juga. Sedangkan di balik kap mesin, mesinnya tidak ditempatkan di tengah-tengah, melainkan di sisi kiri mobil.

Baca juga: Bulan Ramadan, VW Goda Konsumen dengan Ekstra Garansi

Sisi kanannya dibuat kosong, bahkan bisa untuk memuat satu mesin lagi. Mesinnya sendiri masih standar bawaan Lamando L, yakni mesin 1.4 L turbo, 4-silinder.

Modifikasi VW Lamando L super lebarDok. Wheels Boy Modifikasi VW Lamando L super lebar

Pada bagian interior, sisi pengemudi dibiarkan dalam kondisi standar, begitu pula dengan konsol tengah. Namun, untuk jok penumpang di baris depan dapat menampung dua penumpang.

Joknya menyambung karena diambil dari baris kedua. Lalu, terdapat tambahan dua layar berukuran cukup besar.

Sayangnya, tidak disebutkan dengan detail soal ubahannya. Termasuk berapa biaya yang dikeluarkan untuk mengerjakannya.

Modifikasi VW Lamando L super lebarDok. Wheels Boy Modifikasi VW Lamando L super lebar

VW Lamando L sendiri merupakan hasil kerja sama antara VW dan SAIC. Sedan tersebut khusus dipasarkan di China.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.