Kompas.com - 24/09/2022, 11:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemberlakuan pemakaian pelat nomor kendaraan dengan warna dasar putih sudah mulai diterapkan di sejumlah daerah di Indonesia.

Saat ini, beberapa daerah yang sudah memakai pelat putih di antaranya adalah wilayah Jawa Timur, Jawa Barat, dan Sumatera Utara.

Polda Lampung juga resmi mengumumkan berlakunya pelat putih pada Kamis (22/9/2022) yang lalu.

Baca juga: Jarak Tempuh Taksi Listrik Lebih Jauh, Tapi Cost Lebih Rendah

Perintah pemberlakuan sudah diturunkan sejak Rabu (21/9/2022) yang lalu, namun baru disampaikan ke masyarakat pada hari Kamis.

Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Lampung AKBP Muhammad Ali menjelaskan bahwa beberapa daerah sudah lebih awal memberlakukan. Lampung juga saat ini sudah resmi bisa mencetak pelat warna putih.

Pelat nomor kendaraan listrik akan diberikan warna biru pada ruang masa berlakuPolri Pelat nomor kendaraan listrik akan diberikan warna biru pada ruang masa berlaku

"Kemudian untuk kendaraan yang telanjur pelat hitam, tetap dipakai. Nanti pada saat pergantian STNK atau saat bayar pajak, nanti diganti STNK-nya sekaligus diganti TNKB warna putih," ucap dia, dikutip dari korlantas.polri.go.id, Sabtu (24/9/2022).

Baca juga: Spesifikasi Motor Listrik Viar N1 dan N2

Untuk diketahui, pemilik kendaraan yang masih memiliki pelat hitam masih dapat terus menggunakan pelat tersebut hingga masa berlakunya habis nanti.

Sebelumnya, Kakorlantas sempat menjelaskan bahwa penggunaan pelat putih akan dimulai pada pertengahan Juni 2022. Namun, sejumlah daerah ternyata masih memiliki banyak stok pelat hitam yang kemudian akan dihabiskan terlebih dulu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.